-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Banner Ucapan

    Ads Google Searc

    Ucapan Idul Fitri

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Sembelih 9 Hewan Qurban, Korem 091/ASN “Diserbu” Jama’ah Shalat Idul Adha

    Alam - Admin 2
    11/08/19, 21:04 WIB Last Updated 2021-10-21T16:00:31Z
    Wargata.com, Kaltim,– Ratusan Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil  (PNS) Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) beserta masyarakat kota Samarinda melaksanakan shalat Idul Adha (10 Dzulhijah 1440 H) di Masjid Baitussalam, Korem 091/ASN di Jl. Gajah Mada Kel. Bugis Samarinda, No. 11 Samarinda Kaltim, Minggu (11/8/2019).

    Bertindak selaku Khotib sekaligus imam, yakni H. Abdul Syakur Dosen IAIN Samarinda, dalam khutbahnya Dosen IAIN menyampaikan hari raya Idul Adha merupakan suatu peristiwa besar yang di ilhami dari sebuah ketaqwaan Nabi Ibrahim A.S yang sangat luar biasa dalam melaksanakan perintah dari Allah SWT mengorbankan sang anak tercinta Nabi Ismail A.S. sehingga betapa pun cintanya nabi Ibrahim terhadap sang putra tidak menyurutkan sedikit pun ketaatan dan ketaqwaan beliau kepada Allah SAW. 

    Usai shalat Idul Adha, Kasi Ops Korem 091/ASN Kolonel Inf Hendry Wijaya menyerahkan secara sembolis hewan qurban kepada Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Korem 091/ASN yang diterima Kabintal Korem 091/ASN Kapten Inf Samsul Fikry. 

    Dalam sambutannya, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Widi Prasetijono yang di bacakan Kasi Ops mengatakan, pelaksanaan pemotongan hewan qurban ini merupakan suatu bentuk ibadah yang berhubungan langsung dengan sang pencipta atau habluminallah, di mana Allah Subhanahu Wata’ala hanya menuntut keteguhan hati dan tingkat keimanan yang tinggi dari hambaNya dalam menjalankan perintah-Nya.

    “Karena Allah Subhanahu Wata’ala tidak membutuhkan sesuatu apapun dari ummat manusia, oleh karenanya penekanan yang terpenting justru kepada aspek horisontal atau hablumminannas, yang pada hakekatnya adalah untuk kebaikan ummat manusia itu sendiri,” jelasnya.

    Ibadah qurban yang diselenggarakan pada setiap tahun, lanjutnya, diharapkan akan menjadi sumber kekuatan bagi setiap mukmin untuk membangun kualitas dalam kehidupan sosial di tengah masyarakat.

    “Ibadah qurban ini sekaligus juga mengisyaratkan bentuk keikhlasan dalam membantu kesulitan bagi sesama, yang pada akhirnya kita semua akan memiliki sikap rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara, di atas kepentingan pribadi maupun kelompok,” tandasnya.

    Pada Hari Raya Idul Adha tahun ini, sebanyak 9 ekor hewan qurban dihimpun Korem 091/ASN. Terdiri dari 6 ekor sapi dan 3 ekor kambing yang berasal dari berbagai pihak. Selanjutnya, daging kurban dibagikan kepada mustahaq di sekitar Korem 091/ASN, yatim piatu, Warakawuri, veteran, pondok pesantren dan panti asuhan yang ada di kota Samarinda.

    (MD/SM)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +