-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Banner Ucapan

    Ads Google Searc

    Ucapan Idul Fitri

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Bulan Trisila TNI AL, Lantamal VI Bersih-Bersih Tugu Pejuang Perintis TNI AL

    Heriyanto cecep
    27/12/19, 13:38 WIB Last Updated 2021-10-21T16:25:06Z
    Wargata.com, Sulsel - Memasuki Bulan Trisila TNI AL yang mulai dari tanggal 05 Desember 2019 sampai dengan 15 Januari 2020, Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) mengadakan kegiatan bersih-bersih di tugu pejuang perintis TNI AL di Makassar, Jum’at (27/12/2019).

    Adapun Tugu pejuang perintis yang dibersihkan yaitu Monumen Tugu Kolonel Laut (Purn) A. Hamzah Tuppu yang terletak di Jl. Karaeng Bontomarannu Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel).
    Menurut Koamandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas menyampaikan kegiatan kerja bakti ini merupakan bakti berupa penghargaan dari Lantamal VI atas perjuangan Kolonel Laut (Purn) A. Hamzah Tuppu yang merupakan putra Sulsel asal Galesong yang telah berjasa untuk merintis berdirinya TNI Angkatan Laut Republik Indonesia.

    “Di bulan Trisila TNI AL ini, kami selaku personel Lantamal VI ingin menunjukkan bahwa TNI AL sangat peduli terhadap para pejuang yang telah berjasa dalam usaha merintis berdirinya TNI AL di Indonesia, salah satunya yaitu dengan kerja bakti membersihkan serta mengecat kembali monumen sejarah TNI AL Kolonel Laut (Purn) A. Hamzah Tuppu yang berada di Kota Galesong Kabupaten Takalar, Sulsel ini”, ujar Danlantamal VI.
    Untuk diketahui, Hamzah Tuppu adalah Anak kedua dari empat bersaudara ini lahir dari pasangan Sayyid Dg Ngempo dan I Tallasa Dg Rannu. Dia dilahirkan pada 20 Agustus 1920 di Borongcalla, Desa Bontosunggu, Galesong (sekarang masuk wilayah administratif Kecamatan Galesong Selatan), Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan.

    “Beliau merupakan salah satu tonggak berdirinya TNI AL di Makassar, oleh karena itu perjuangannya patut dihargai oleh para penerus utamanya para prajurit TNI AL di masa sekarang ini”, sambung Danlantamal VI.

    Terlihat para personel Lantamal VI yang dipimpin oleh Komandan Denma (Dandenma) Lantamal VI Letkol Laut (P) Andik Putro Wibowo, S. Sos., tampak dengan semangatnya membersihkan sekitar area monumen Hamzah Tuppu tersebut.

    (Tim Warga)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +