-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Hukrim

    Ads Google Searc

    Banner IDwebhost

    Perayaan Waisak di Wilayah Hukum Polda Nusa Tenggara Barat Berjalan Aman dan Terkendali

    Admin 4 - Andini sulastri
    17/05/22, 12:41 WIB Last Updated 2022-05-17T05:42:55Z
    Wargata.com, NTB - Waisak atau Waisaka merupakan hari suci bagi agama Buddha. Hari Waisak juga dikenal dengan nama Visakah Puja atau Buddha Purnima di India, Saga Dawa di Tibet, Vesak di Malaysia, dan Singapura, Visakha Bucha di Thailand, dan Vesak di Sri Lanka.

    Karena kegiatan tersebut sakral bagi agama Budha, tentunya kelancaran dan keamanan perayaan tersebut menjadi tugas bagi Polisi, termasuk di Wilayah Hukum Polda Nusa Tenggara Barat. 

    Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto, S.IK., M.Si., mengatakan, bahwa seperti perayaan keagamaan yang lain, yaitu lebaran, Kuningan, Kenaikan Isa Al-Masih dan lainnya, sebagainya menjadi tugas Polisi untuk memastikan perayaan tersebut berjalan lancar.

    Dalam peryaan Waisak ini, berbagai cara di lakukan untuk memberikan rasa aman bagi umat yang merayakannya.

    "seperti halnya yang dilakukan oleh Polsek jajaran kami di Sandubaya, mereka turun langsung membantu pengurus Vihara membagikan sembako kepada warga yang tinggal disekitar Vihara," Kata Artanto, Senin, (16/5/2022).

    Berkah tersendiri bagi warga masyarakat di sekitar Vihara Dhamma Susena yang terletak di jalan Amerta Pura no 12 lingkungan karang Siluman kecamatan Cakranegara Kota Mataram pada hari ibadah Trisuci Waisak 2566 BE Tahun 2022.

    "Usai kegiatan Dharmasanti Trisuci Waisak yang diawali dengan puja Bhakti Waisak / sembayang dan meditasi Waisak masyarakat sekitar Vihara tersebut mendapat bingkisan berupa paket sembako dari pengurus Vihara," ujarnya.

    Diketahui, bahwa Kapolsek Sandubaya Kompol Moh Nasrullah, S.IK., bersama Ketua pengurus Vihara Dhamma Susena Erik Kang Prabowo membagi sejumlah paket sembako yang diperuntukan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar Vihara.

    Artanto menggambarkan seluruh rangkaian ibadah Trisuci Waisak berlangsung aman serta menerapkan protokol kesehatan.

    "Di Sandubaya, sekitar 60 orang umat Budha yang di pimpin pandita Hema Putri melakukan perayaan dan ibadah di Vihara Dhamma Susena, pengamanan dari kepolisian, Polsek Sandubaya menempatkan 7 personel untuk mengamankan jalannya ibadah Trisuci Waisak tersebut, begitu juga di tempat lain," Ucap Artanto.

    Selanjutnya, setelah perayaan ibadah, Kapolsek bersama Ketua Pengurus Vihara Pak Erik, membagikan paket bingkisan berupa paket sembako kepada warga masyarakat sekitar sebagai bentuk jalinan silaturahmi dengan masyarakat sekitar.

    "Alhamdulillah perayaan Waisak di NTB berjalan lancar dan aman, Mudah-mudahan koahan kondisi ini tetap terjaga, agar suasana Kamtibmas dapat dirasakan oleh semua orang," pungkasnya.

    (MW/RL/HT)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +