-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Banner Ucapan

    Ads Google Searc

    Ucapan Idul Fitri

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Pelepasan Calon Jamaah Haji, Wagub NTB Ingatkan ini

    Syukron redaksi wargata.com
    20/06/22, 09:18 WIB Last Updated 2022-06-20T02:46:50Z
    Wargata.com, NTB - Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Siti Rohmi Djalilah mengungkapkan, hal penting yang menjadi perhatian dalam pelaksanaan ibadah haji setelah niat adalah kesehatan dan kesabaran. 

    Pernyataan tersebut diungkapkan Ummi Rohmi, sapaan akrab Wagub NTB ini saat  melepas 394 orang calon jamaah haji  (CJH) kloter pertama asal kota Mataram, Minggu, (19/6/2022) di Asrama Haji Lungkar Selatan, Kota Mataram.

    Selain itu, Wagub juga mengucapkan syukur setelah dua Tahun pelaksanaan haji tertunda karena pandemi,  akhirnya calon jamaah haji  bisa berangkat tahun ini. 

    Meski demikian meski Covid-19 telah mereda, Wagub tak pernah merasa bosan menghimbau masyarakat termasuk para calon jamaah haji untukvmelaksanakan protokol kesehatan dan menjaga stamina agar mampu menuntaskan ibadah haji. Ucapnya.

    Sementara ketua Tim Penyelenggara Ibadah Haji (TPIH) NTB, Dr KH Zaidi Abdad yang juga Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB mengatakan, setiap jamaah dibekali 200 masker, 6 handsanitizer dan semprotan anti panas. 

    "Mengingat cuaca di Mekkah dan sekitarnya yang agak ekstrim dan penanganan kesehatan jamaah untuk protokol kesehatannya", Kata Abdad

    Dikatakan pula, bahwa dari kuota 401 orang untuk kota Mataram, diberangkatkan  394 orang terdiri dari 205  wanita dan 189 pria. Sedangkan sisa 7 orang akan ikut dalam kloter Loteng dan Lotim. 

    NTB sendiri yang sebelum pandemi rencananya akan memberangkatkan 4.447 orang, tahun ini berkurang menjadi 2.042 orang. Jika tahun depan pihak Arab Saudi mengeluarkan kebijakan kuota seratus persen maka jamaah yang mundur tahun ini dan menjadi prioritas by system bisa berangkat pada tahun 2023 mendatang. 

    Adapun terkait inovasi yang dilakukan pemerintah dalam pelayanan haji diantaranya pemondokan haji satu hotel yang memudahkan komunikasi juga tambahan makan menjadi tiga kali sehari serta penanganan kesehatan khusus bagi jamaah dengan teknologi    gelang elektronik yang bisa memantau keberadaan dan kondisi kesehatannya. 

    "Di asrama haji juga kita sediakan live streaming Youtube untuk proses pemberangkatan agar pihak keluarga tak datang ke jalan lingkar, " Pungkasnya.

    Ia berharap lima kloter CJH NTB lainnya yang akan diberangkatkan setelah pemberangkatan pertama melalui embarkasi BiZAM ini berjalan lancar. Imbuhnya.

    (HS/MW)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +