-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Ads Google Searc

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Serentak di 30 Provinsi, Menteri Pertanian Dampingi Presiden Panen Padi Nusantara

    Admin 3
    10/03/23, 01:53 WIB Last Updated 2023-03-09T18:56:17Z
    Wargata.com, - Serentak di 30 Provinsi, Menteri Pertanian Dampingi Presiden Joko Widodo Panen Padi Nusantara, yang mana dilakukan di Desa Lajer Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Kamis, (9/3/2023). 

    Panen padi tersebut, dilakukan Presiden Joko Widodo dengan menandai panen padi yang dilaksanakan serentak di 30 Propinsi dan 113 kabupaten yang tersebar di seluruh Indonesia.

    Pada kesempatan ini, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menuturkan, bahwa Presiden Jokowi mengapresiasi terselenggaranya panen Nusantara. 

    "Alhamdulillah Bapak Presiden senang melihat panen yang ada, bahkan tadi menyempatkan berdialog dengan petani", kata Syahrul Yasin Limpo.

    Dikatakan pula, bahwa pesan dan arahan Kepala Negara agar memperhatikan kesejahteraan petani dan harus menjadi tanggung jawab bersama.

    "Kami selalu bersama rakyat, petani, bersama Gubernur dan para Bupati di lapangan merasa kunjungan ini memberi arti, salah satu adalah perhatikan agar kesejahteraan petani bukan hanya menanam kemudian ditinggalkan begitu saja", Ucap Syahrul Yasin Limpo

    Selain itu kata Mentan, panen padi yang dihelat di Kebumen telah mengawali sesuatu yang memiliki arti bagi masyarakat tani.

    "Hari ini, daerah ini mewakili kita semua untuk mengatakan bahwa pertanian butuh kebersamaan, tidak bisa dilakukan sendiri", Ujar Syahrul Yasin Limpo. 

    Kerja-kerja kolaboratif Kementan bersama stakeholders pertanian dalam meningkatkan produksi beras sangat terbuka dan adaptif terlebih kegiatan pertanian saat ini tidak lagi mengandalkan tenaga kerja manual tetapi menggabungkan mekanisasi dengan teknologi digital yang dapat mengkondisikan usaha budi daya pertanian menjadi lebih presisi sehingga ada peningkatan produksi.

    Dengan tren produksi yang terus meningkat, diharapkan ketersediaan terjaga dan akses masyarakat luas mendapatkan kebutuhan pangan mudah dengan jumlah yang melimpah.

    Sebagai informasi, produksi padi nasional tahun 2022 sebesar 54,75 juta ton GKG mengalami kenaikan 0,61% jika dibandingkan Tahun 2021, 54,42 JUTA Ton, Pungkasnya. 

    Sementara itu, Bupati Kebumen, Agus Sugiyanto menuturkan, bahwa program bantuan Alsintan Kementan kepada petani di wilayahnya sangat membantu dalam proses budidaya hingga panen.

    "Masyarakat dari petani mendapatkan bantuan peralatan Alsintan yang cukup banyak dari Kementan baik itu traktor, combine, power trasher. Tentunya ini menjadikan sesuatu hal yang memudahkan petani untuk panen", Ucap Agus Sugiyanto. 

    Untuk diketahui, Presiden Jokowi pun dijadwalkan melakukan Panen raya padi nusantara pada tanggal 11 Maret 2023 serentak di 18 provinsi dan 91 kabupaten. Presiden Jokowi didampingi Mentan SYL sendiri melakukan panen di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

    (ZP/RL/SB)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +