-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Banner Ucapan

    Ads Google Searc

    Ucapan Idul Fitri

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Gelar Sabtu Sehat dan Literasi, Totok Budiyanto: Tingkatkan Kualitas Pelayanan Bimbingan dan Pembinaan Terhadap Warga Binaan

    Alam - Admin 2
    07/10/23, 09:34 WIB Last Updated 2023-10-07T02:39:31Z
    Wargata.com, Sulsel - Bersama Dinas Perpustakaan Kota Parepare menggelar Sabtu Sehat dan Literasi Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas IIA Parepare, Sabtu, (7/10/2023).

    Pelaksanaan olahraga bersama ini serta budaya gemar membaca dengan tajuk Gerakan Sabtu Sehat dan Literasi bagi Warga Binaan dengan diikuti oleh seluruh petugas Lapas IIA Parepare, Dinas Perpustakaan Kota Parepare, Warga Binaan, Mahasiswa IAIN Kota Parepare, Institut Andi Sapada Kota Parepare dan Universitas Muhammadiyah Parepare yang sedang melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan.

    Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengubah paradigma perpustakaan yang dianggap sebagai gudang buku dan bertransformasi menjadi perpustakaan yang dapat memberdayakan masyarakat dengan pendekatan secara emosional. Dimana Gerakan literasi itu rutin digelar Dinas Perpustakaan Parepare termasuk di Lapas IIA Parepare. 

    Kepala Dinas Perpustakaan Kota Parepare Drs. H. Ahmad Masdar, M.Si., yang juga menghadiri menuturkan, bahwa melalui kegiatan olah raga bersama dan budaya gemar membaca pihaknya mengajak seluruh Warga Binaan untuk selalu sehat jasmani sekaligus gemar membaca. 

    Dengan demikian, Dinas Perpustakaan Kota Parepare mengambil peran penting untuk membudayakan minat baca kepada warga binaan walaupun masih berada di Lapas. Hal ini tak lepas dari langkah strategis Kepala Lapas IIA Parepare dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan bimbingan kepada warga binaannya, Kata Drs. H. Ahmad Masdar

    Dikatakan pula, bahwa dalam merealisasikan kerja sama yang telah terbangun sejak bulan Pebruari 2023 lalu, pihaknya rutin menghadirkan Layanan Mobile Perpustakaan bagi WBP di Lapas Kelas IIA Parepare

    "Kami bersyukur dan tentunya bangga melihat para WBP yang begitu antusias membaca buku, dan ini tentunya sangat bernilai positif karena meski sedang dalam masa proses pembinaan, mereka tetap sadar akan pentingnya literasi, sebagai salah satu upaya dalam menambah wawasan dan ilmu pengetahuan", Ucapnya.

    Selain itu Kata dia, Pihaknya telah merealisasikan Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) 7372014G0000001 Perpustakaan LA MACCA Lapas IIA Parepare yang telah terdaftar di Perpustakaan Nasional bahkan memberikan akses perpustakaan digital kepada Lapas IIA Parepare. Penyebaran edukasi terkait literasi dan budaya baca untuk seluruh lapisan masyarakat, merupakan amanah dari Wali Kota Parepare, Dr. H. M. Taufan Pawe, agar masyarakat dapat mengikuti perkembangan informasi, teknologi, dan program-program pemerintah

    Hal itu sebagai wujud kepedulian Pemerintah Daerah Kota Parepare terhadap warga binaan bahwa mereka juga memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan literasi yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, Pungkasnya.
    Sementara Kalapas Kelas IIA Kota Parepare, Totok Budiyanto, Amd.IP, S.H., mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Walikota Parepare dan Kepala Dinas Perpustakaan Parepare yang telah memberikan layanan literasi bagi para WBP. Kami berharap sinergitas ini bisa terus terjalin dengan baik dan ditingkatkan, sehingga para WBP bisa tetap memperoleh informasi yang update sekaligus menambah pengetahuan mereka yang nantinya mungkin bisa diterapkan selama berada di dalam Lapas.

    Lebih lanjut, bahwa untuk meningkatkan kemampuan literasi WBP, Lapas IIA Parepare meluncurkan inovasi LAMACCA (Layanan Membaca Keliling) yaitu memberikan pelayanan berdasarkan UU No 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan Pasal 12 ayat h Anak dan Anak Binaan berhak mendapatkan bahan bacaan dan mengikuti siaran media massa yang tidak dilarang. 

    "Kita terus bertekad meningkatkan kualitas pelayanan bimbingan dan pembinaan kepada warga binaan pemasyarakatan, Kami bangga dan bahagia bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk warga binaan pemasyarakatan dan masyarakat", Tandas Totok Budiyanto, Amd.IP, S.H.

    (MW/RL/HS)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +