-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Hukrim

    Kapolri dan Kadiv

    Ads Google Searc

    Para Kapolres Polda Sulsel

    Cara Penulisan Berita 5W+1H, Versi Mbah Google

    Alam - Admin 2
    17/01/20, 09:09 WIB Last Updated 2021-09-21T15:53:31Z
    Wargata.com, - Perlu diketahui bahwa saat penulisan Berita mesti ada Ide dan peristiwa untuk menuangkan dalam sebuah tulisan atau berita.

    Cara penulisan Berita yang biasa terdengar dengan istilah 5W+1H , akan tetapi terkadang masih bingung untuk menerapkannya.

    Menurut Mbah Google 5W + 1H yaitu What (Apa), Where (Dimana), When (Kapan), Who (Siapa), Why (Mengapa) + How (Bagaimana) adalah hal-hal yang tidak boleh diabaikan dalam penulisan sebuah berita.

    Adapun langkah - langkah untuk memudahkan cara penerapan 5W+1H salah satu contohnya yaitu Pertama, buatlah judul berita yang anda inginkan" misalnya PT Wargata dot com Gelar Peringatan Tahun Baru 2020.

    Kedua, isilah atau ganti 5W+1H dengan peristiwa yang akan kita jadikan berita, misalnya kita akan menulis berita tentang peringatan Tahun Baru 2020, maka kita isikan datanya sebagai berikut;

    What (Peringatan Tahun Baru 2020), Where (halaman kantor Wargata.com), When (Selasa, 31/12/2019), Who (PT Wargata dot com), Why (untuk meningkatkan kinerja media Wargata.com dengan semangat baru di tahun baru 2020) + How (jalannya acara)

    Dengan menyusun 5W menjadi sebuah lead berita dalam satu paragraf agar pembaca yang membaca lead berita tersebut langsung paham dengan isi beritanya.

    Namun dengan penyusun 5W, anda bisa mengganti urutannya sesuai dengan kebutuhan anda.

    Untuk contoh di atas bisa disusun sebagai berikut;

    Peringatan Tahun Baru 2020 yang dilaksanakan oleh PT Wargata dot com Provinsi Sulawesi Selatan yang bertempat Jalan Lasiming Kota Parepare, tepatnya di halaman kantor Wargata.com, Selasa, (31/12/2019)

    Pelakasanaan ini, Pihak  PT Wargata dot com akan berupaya untuk meningkatan kinerja media Wargata.com dengan semangat baru di tahun baru 2020

    Pada acara tersebut, di hadiri pula para anggota Wargata.com, bahkan berbagai pihak instansi juga turut hadir pada pelaksanaan peringatan ini, diantaranya, Kelurahan, Kecamatan, dan pihak lainnya.


    Itulah contoh kecil menurut versi Mbah Google.



    (TW/RED)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +