-->

Iklan InFeed

Hukrim

Calon Kapolri Pilihan Presiden: Dekat dengan Tokoh Lintas Agama

Cyber Media
16/01/21, 20:38 WIB Last Updated 2021-01-16T14:07:29Z
Wargata.com, - Penunjukan Kabareskrim Komjen Pol. Listyo Sigit sebagai Calon Tunggal Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) mendapatkan dukungan dari sejumlah kalangan, termasuk dari kalangan tokoh lintas agama seperti Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Buya Syafi’i Maarif.

Di mata Buya, Alumni Akpol 1991 itu memiliki hubungan yang baik dengan semua kalangan, termasuk dengan ulama juga tokoh lintas agama. Sigit dinilai Buya Syafi’i dekat dengan semua golongan tanpa membedakan satu golongan dengan golongan lain.

Hal senada disampaikan oleh pengamat intelijen dan keamanan, Ngasiman Djojonegoro atau akrab dipangil Simon  mengatakan Sigit merupakan sosok Petinggi Polri yang dekat dengan kalangan ulama.

“Sosok Komjen Pol. Sigit ini sangat akrab di kalangan pesantren dan ulama,” ujar pengamat yang akrab disapa Simon kepada awak media, Sabtu (16/1/2021).

Menurut Simon, hal itu bisa dilihat dari rekam jejak Sigit saat memegang komando di suatu daerah sebagai Kapolres maupun Kapolda. Dia memberikan salah satu contoh, ketika Jendral Bintang Tiga itu masih memegang komando sebagai Kapolres Pati, Jawa Tengah.

“Beliau rajin silaturahmi dengan para Kyai dan Ulama Besar di Pati. Tokoh karismatik waktu itu yang sering Beliau kunjungi di antaranya K.H Sahal Mahfudz (ketika K.H Sahal menjabat Ketum MUI dan Rais Aam PBNU Pati), Habib Lutfi Bin Yahya, dan K.H. Mustofa Bisri,” tuturnya.

Selain dekat dengan Ulama, Simon menilai Sigit juga merupakan sosok yang dekat dengan tokoh lintas agama dan masyarakat. Inilah yang membuat Sigit mudah masuk dan diterima seluruh kalangan atau golongan.

Simon menilai, sosok Sigit yang mudah masuk dan diterima oleh semua kalangan diperlukan dalam rangka memperkuat sinergitas TNI dan Polri dalam rangka menjaga keamanan dan kestabilan politik sebagai pondasi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Sementara itu sejumlah pengamat sepakat, dilihat dari rekam jejaknya, Sigit mampu bekerja secara professional.

(TW/HS/AA)
Komentar

Tampilkan

Wargata.com

+