-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Banner Ucapan

    Ads Google Searc

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Terungkap Surat PCR Palsu, Karyawati Rumah Sakit Ditangkap Polisi

    Syukron redaksi wargata.com
    08/11/21, 20:24 WIB Last Updated 2021-11-08T14:43:15Z
    Wargata.com, Mataram NTB - Seorang karyawati rumah sakit (RS) universitas mataram terpaksa harus berurusan dengan polisi akibat membuat Real-Time Quantitative Polymerase Chain Reaction (RT - PCR ) tidak teridentifikasi alias palsu setelah di cek di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (Bizam) saat melakukan pemeriksaan.

    Karyawati yang Berinisial NL, perempuan (25) beralamat Ampenan Kota Mataram ditangkap Tim Opsnal Reskrim Polresta Mataram setelah korban berinisial SM, melaporkan peristiwa tersebut ke Polresta Mataram.

    Keterangan diatas disampaikan Kasat Reskrim Polresta Mataram Kompol Kadek Adi Budi Astawa, ST, S.I.K., saat Konferensi Pers yang di dampingi Wakasat Reskrim Iptu I Nyoman Diana Mahardhika serta KBO Reskrim Ipda Fransisca Siburian, Senin (08/11/21) di ruang kerja Satreskrim Polresta Mataram. 

    Lanjut Kasat, bahwa asal mula peristiwa ini berawal dari sdr SM (korban) yang ingin mengurus surat jalan PCR terhadap 16 rekannya yang akan berangkat ke pulau Jawa, Lalu SM meminta temennya berinisial BN untuk mengurusnya, Oleh BN menghubungi  NL (tersangka) yang kebetulan bekerja di rumah sakit universitas mataram pada bagian Cetak hasil rekaman medis.

    Dari 16 orang yang dibuatkan PCR tersebut setelah di lakukan pemeriksaan di bandara atau  BIZAM terdapat 11 orang yang surat PCR nya tidak teridentifikasi alias Palsu, " ungkap Kadek.

    Atas dasar itu petugas Bandara BIZAM menyerahkan ke petugas Kepolisian Lombok Tengah, Setelah dilakukan penyidikan ternyata peristiwa pemalsuan dokumen tersebut dibuat diwilayah hukum Polresta Mataram tepatnya di rumah sakit universitas mataram, sehingga berkas pelaporan diserahkan ke Polresta mataram dan saat ini sedang dalam proses melengkapi berkas perkara. 

    Adapun nilai kerugian yang ditanggung korban sekitar 8.400.000 yang sejatinya sebagai biaya mengurus PCR terhadap 16 rekannya yang hendak ke pulau jawa tersebut, Biaya tersebut di transfer ke rekening tersangka (NL), dan oleh NL tidak  menyetor ke perusahaan dalam hal ini rumah sakit universitas mataram  tempat pelaku bekerja

    "Oleh karena itu Korban (SM) melaporkan kejadian itu, dan berdasarkan keterangan tersangka membenarkan bahwa menerima transfer uang senilai tersebut kerekening pribadi nya, " jelas Kadek.

    Atas kejadian itu salah seorang karyawan rumah sakit universitas mataram tersebut saat ini telah dilakukan penahanan bersama  barang bukti 11 lembar surat qRT - PCR palsu, uang tunai sebesar 8.400.000 ,11 lembar surat qRT - PCR asli atas nama orang lain, serta satu lembar kwitansi pembayaran biaya pembuatan PCR untuk 16 orang. 

    "Tersangka kami sangkakan dengan pasal 263 (1) sub pasal 268 ayat (1) KUHP tentang Pemalsuan Surat Berharga dengan ancaman paling lama 6 tahun penjara, " pungkas Kadek.

    (HS/TW)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +