-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Kapolri dan Kadiv Humas

    Kapolri dan Kadiv Humas

    Ads Google Searc

    Kapolda Sulsel

    NTB

    Kapolres

    Hukrim

    Tepat Hari ini Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah, Yuk Simak Sejarahnya

    Anggi - Admin 7
    30/07/22, 01:39 WIB Last Updated 2022-07-30T15:44:13Z
    Wargata.com,- Tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah Jatuh tepatnya pada Hari ini, Sabtu, 30 Juli 2022. Tahun baru Islam atau hijriyah merupakan salah satu peristiwa penting bagi seluruh  umat Muslim di dunia.

    Tahun baru Islam bertepatan dengan bulan pertama kalender hijriyah yaitu di bulan Muharram, dimana dalam bahasa Arab, kata Muharram memiliki arti ‘terlarang’, sebab di bulan ini semua tindakan yang melanggar hukum dilarang, salah satunya adalah berperang.
    Dalam kalender hijriah memiliki sistem penanggalan yang berbeda dengan sistem penanggalan kalender masehi, dimana Sistem penanggalan kalender Islam ditentukan berdasarkan siklus bulan.

    Sejarah tahun baru hijriah berkaitan dengan awal mulanya ditentukan kalender hijriah sebagai kalender Islam, dengan Penetapan awal tahun baru Islam atau penanggalan hijriah merujuk pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad Kota Makkah ke Madinah.

    Hijrahnya Nabi Muhammad pada tahun 622 Masehi ini menjadi salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam, Lalu Kemudian ditetapkan sebagai hari pertama penanggalan hijriah atau kaender Islam, yaitu 1 Muharam 1 Hijriah.

    Lebih Lanjut, bahwa Khalifah Umar bin Khattab sangat berperan dalam sejarah penetapan awal kalender hijriah yang menjadi awal tahun baru hijriah. Khalifah Umar bin Khattab dengan persetujuan Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib menjadi pemrakarsa penetapan awal tahun baru Islam.

    Tahun 622 Masehi yang merupakan tahun hijrahnya Nabi Muhammad SAW, menjadi tahun pertama kalender hijriah, saat itu adalah Tahun ke-17 setelah peristiwa hijrah atau 3-4 tahun ketika kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab.

    (MW/RED)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +