-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Banner Ucapan

    Ads Google Searc

    Ucapan Idul Fitri

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Pasca Ramadhan, Kapolres Soppeng Tetap Lanjutkan Program Safari Subuh di Masjid

    Alam - Admin 2
    03/05/23, 19:54 WIB Last Updated 2023-05-03T12:56:45Z
    Wargata.com, Sulsel - Pasca Bulan Ramadhan 1444 H, Kapolres Soppeng AKBP DR. (C) H. Muh. Yusuf Usman, S.H., S.I.K., M.T, kembali melaksanakan Silaturahmi bersama warga melalui Program unggulannya yaitu Safari Subuh, Rabu, (3/5/2023)

    Safari Subuh yang dilaksanakan pasca Idul Fitri tersebut digelar di Masjid Muhammadiyah Uswatun Hasana Aisiyah yang berlokasi dijalan Bila Selatan Kelurahan Lemba, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng.

    Dalam sambutannya, AKBP DR. (C) H. Muh. Yusuf Usman, S.H., S.I.K., M.T., mengajak kepada warga untuk lebih menjaga kondisi yang sudah kondusif di Kabupaten Soppeng, karena tanpa ada bantuan dari Masyarakat, pelaksanaan tugas Kepolisian tidak ada artinya akibat dari Rasio jumlah pihak Kepolisian dan Masyarakat tidak seimbang, Kata Kapolres Soppeng

    Dikatakan pula, bahwa 1 polisi dapat menjaga ratusan orang jika dikalkulasikan dengan jumlah Masyarakat yang sangat berbanding dengan petugas Kepolisian

    Untuk itu, ia juga mengajak kepada masyarakat untuk menjadi Polisi bagi diri sendiri dengan artian, jika melihat penyimpangan atau pelanggaran dengan kasat mata, agar disampaikan untuk kita perbaiki, mediasi atau panggil dengan asas Mediasi atau kesepakatan mufakat, Ucap Kapolres Soppeng

    Tak hanya itu, ia juga menyampaikan agar mengedepankan penindakan hukum secara Restorative Justice, yang mana adanya suatu peristiwa, ada korban dan pelaku dan kejadian sudah dilaporkan berdasarkan laporan polisinya, dan dapat diselesaikan secara kekeluargaan dengan Polisi sebagai Mediator yang me Mediasi jika Korbannya ingin mencabut Laporan, namun jika korban tidak ingin mencabut laporan, Proses hukum tetap berjalan dan dilanjutkan, Ungkapnya. 

    Hal itu perlu berdasarkan dari Keterangan Tersangka atau Pelaku yang memang tidak mempunyai Niat atau keinginan untuk mencuri, misal karena adanya sesuatu hal yang sangat mendesak membuat tersangka melakukan pencurian seperti kondisi dan psikologis. Beberapa kasus tersebut sudah diselesaikan dan Alhamdulillah ini mendapat respon positif dari masyarakat karena ternyata Kepolisian tidak hanya menjadi penegakan hukum tapi juga sebagai mediator untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada dimasyarakat, Pungkasnya. 
    Sementara Safari Subuh yang dilaksanakan merupakan Program AKBP Muhammad Yusuf Usman dalam menjalin silaturahmi bersama masyarakat serta sarana untuk menyerap langsung Aspirasi Masyarakat yang berkaitan dengan masalah Kamtibmas maupun masalah sosial lainnya.

    Selain silaturahmi, Kapolres Soppeng juga menyerahkan Tali Asih berupa Al - Quran kepada pengurus Masjid Muhammadiyah Uswatun Hasana Aisyah.

    Giat tersebut, turut mendampingi Wakapolres Soppeng, KOMPOL H. Muhiddin Yunus, S.H., M.H., PJU Polres Soppeng setingkat Kabag, Kasie, serta Perwira dan Personel Polres Soppeng.

    (MW/RL/KS)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +