-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Ads Google Searc

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Kapolres Bersama Dandim 1405 Pantau Langsung Situasi Karhutlah di Wilayah Kota Parepare

    Alam - Admin 2
    28/09/23, 22:54 WIB Last Updated 2023-09-29T01:55:02Z
    Wargata.com, Sulsel - Kapolres Parepare AKBP Arman Muis, S.H., S.I.K., M.M., bersama Dandim 1405/Parepare Letkol Inf Hastiar Hatta, S.I.P. Melakukan Patroli Gunakan motor Trail untuk memantau atau memonitoring Karhutla di wilayah Kota Parepare, Kamis, (28/9/2023).

    Kegiatan patroli ini dipimpin langsung oleh Kapolres Parepare, Dandim 1405/Parepare, dan diikuti dinas Satpol PP Parepare serta puluhan komunitas motor trail atau pecinta motor trabas Parepare. 

    Kapolres Parepare, AKBP Arman Muis, mengatakan, bahwa kegiatan tersebut menyasar wilayah pelosok kota, lalu kemudian menyambangi pedesaan, dan beberapa titik lokasi hutan, hingga berakhir di Kebun Raya Jompie Kota Parepare. 

    "Kami memasuki beberapa lokasi hutan dan memantau kondisi hutan tersebut", Kata AKBP Arman Muis

    Dikatakan pula, dari hasil patroli tersebut, pihaknya menemukan, adanya bekas kebakaran hutan dan pembakaran lahan yang terindikasi sengaja dibakar oleh manusia kemudian ditinggal begitu saja. 

    "kami temukan ada beberapa kebun yang terbakar dan memang sengaja dibakar oleh pemilik dan ditinggal, Tapi kami kasihan dengan kebun disekitarnya juga penduduk yang bermukim dekat wilayah tersebut, itu bahaya jika apinya merambat luas", Ujar Kapolres Parepare.

    "bersama personel gabungan, kita memadamkan bekas apinya, sehingga tidak merembes ke lahan sekitarnya, dengan cara manual sebab lokasi itu tidak dapat dijangkau oleh pemadam kebakaran", imbuhnya.

    Selain itu Kata Kapolres, bahwa saat ini pihaknya sedang malakukan penyelidikan dan pemeriksaan aktif kepada saksi terkait kasus pelanggaran pembakaran hutan atau lahan dengan sengaja yang terjadi dan ditemukan di Parepare. 
    Sementara Dandim 1405/Parepare, Letkol Inf Hastiar Hatta menuturkan, bahwa kolaborasi tersebut dilakukan untuk mencegah dan mengantisipasi marak terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Parepare 

    "Ini langkah antisipasi bersama TNI-POLRI serta dinas Satpol PP dengan turun langsung memantau kondisi di lapangan", tuturnya. 

    Oleh Sebab itu, terjadinya kebakaran hutan dan lahan merupakan tanggung jawab semua pihak, dan mencegah jauh lebih baik daripada memadamkan. 

    "kami berharap agar masyarakat lebih memperhatiakan imbauan yang selalu diberikan, untuk berhati-hati ditengah kemarau dan menjaga serta tidak membakar hutan maupun lahan secara sengaja, agar tidak merugikan diri dan orang lain", pungkasnya

    (MW/RL/DR)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +