-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Banner Ucapan

    Ads Google Searc

    Ucapan Idul Fitri

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Usai Apel Gelar Pasukan Ops Lilin 2023, Polres Luwu Musnahkan Ribuan Botol Miras

    Alam - Admin 2
    21/12/23, 19:24 WIB Last Updated 2023-12-21T12:27:42Z
    Wargata.com, Sulsel - Bupati Luwu Dr. Drs. H. Basmin Mattayang, M.Pd. dan Kapolres Luwu AKBP Arisandi, S.H., S.I.K., M.Si., bersama segenap unsur Forkopimda Kabupaten Luwu melakukan pemusnahan barang bukti minuman keras setelah pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2023, bertempat di halaman Mapolres Luwu, Kamis, (21/12/2023). 

    Minuman keras tersebut adalah hasil dari razia kepolisian sebagai bentuk kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) serentak oleh seluruh jajaran Polres Luwu dimulai pada bulan November hingga Desember 2023. Setidaknya terdapat 2228 botol dan 96 kaleng miras kemasan berbagai merk serta 3057 liter miras tradisional jenis ballo yang dimusnahkan dalam kesempatan tersebut.

    Berdasarkan analisa dan evaluasi selama tahun 2023, tidak pidana menonjol yang terjadi di wilayah hukum Polres Luwu 76 % diantaranya adalah tindak pidana kekerasan berupa penganiayaan atau perkelahian. Mayoritas tindak pidana tersebut adalah akibat pengaruh/dampak dari minuman keras.

    Kapolres Luwu, AKBP Arisandi, S.H., S.I.K., M.Si., menuturkan, bahwa upaya menertibkan pendistribusian/peredaran dan perdagangan minuman keras ini sebagai bentuk cipta kondisi yang akan terus dilakukan jajarannya termasuk polsek, guna meminimalisir lahirnya aksi-aksi kriminalitas yang diawali dengan mengkonsumsi miras. 

    "Kegiatan ini bertujuan untuk melindungi segenap lapisan masyarakat yang akan merayakan natal dan tahun baru agar berlangsung dengan aman dan lancar. Kita akan menekan segala bentuk peredaran miras secara ilegal  yang berpotensi menimbulkan dampak negatif terhadap situasi kamtibmas secara umum di wilayah kabupaten Luwu ini", Ungkap Arisandi.

    Polres Luwu juga menghimbau masyarakat untuk ikut serta membantu Polri dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif menjelang perayaan natal dan tahun baru yang bersamaan dengan pelaksanaan kampanye Pemilu 2024, agar tidak terjadi kriminalitas maupun tindak pidana yang akan merugikan masyarakat baik secara materil harta benda maupun korban jiwa.

    Fokus pengamanan pada Operasi Lilin 2023 selain terhadap peredaran ilegal minuman keras, juga terhadap potensi aksi terorisme, kejahatan konvensional, konvoi dan balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, konflik sosial dan tawuran, kebakaran akibat petasan serta narkoba. Polres Luwu juga akan melaksanakan monitoring ketersediaan pasokan dan fluktuasi harga bahan pokok agar tidak ada spekulan yang melakukan penimbunan stok bahan pokok dengan tujuan mencari keuntungan dengan cara yang curang. 

    Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Ketua DPRD Luwu Zulkifli, Pabung Luwu Kodim 1403 Mayor Kav. Suparman, Waka Polres Luwu Kompol La Makkanenneng, S.E., Wakil Ketua Pengadilan Negeri Belopa Harwansyah, S.H., M.H., Kadis Perhubungan Supriadi, S.H., M.Si., Kadis BPBD Drs. Alamsyah, M.Si., Kasat Pol PP Kabupaten Luwu, 6. Unit Penyelenggara Bandara I Lagaligo Bua, seluruh PJU Polres Luwu, para Kapolsek Jajaran Polres Luwu dan Danramil dari jajaran Kodim 1403 dan Senkom Mitra Polri.

    (MW/RL/HS)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +