-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Banner Ucapan

    Ads Google Searc

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Kampung Sehat di Lombok Barat, Inovasi dan Kreatifitas Menurut Karakteristik Masing-masing

    Admin 4 - Andini sulastri
    21/06/20, 17:19 WIB Last Updated 2021-10-21T16:07:32Z
    Wargata.com, NTB,-Polres Lombok Barat langsung bergerak menindaklanjuti Lomba Kampung Sehat yang telah di launching oleh Gubernur bersama Kapolda NTB dan Danrem beserta unsur terkait lainnya.

    Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo, S.IK., bersama Kepala Dinas Kesehatan Lombok Barat Drg. Ni Made Ambarwati mengunjungi tiga Kecamatan di Lombok barat. Minggu (21/06/20).

    Diantaranya Kecamatan Batulayar, Kecamatan Gerung, dan Kecamatan Lembar dalam rangka untuk Kesiapan dalam Lomba Kampung Sehat ini.

    Kapolres mengatakan, diadakannya Lomba Kampung Sehat ini terkait pandemi virus Covid-19 yang merata di Wilayah Indonesia, dimana dampaknya dirasakan hingga ke desa- desa.

    “Menyikapi ini, bagaimana meningkatkan peran aktif masyarakat dalam penanganan vovid 19, dalam bidang kesehatan, sosial ekonomi, pendidikan, dan keamanan,” Kata Kapolres

    Lanjut dikatakan, menstimuasi kemandirian dalam menghadapi situasi, tidak hanya terfokus dengan penyebaran covid 19.

    “Masyarakat bisa beraktifitas seperti biasa, dengan tetap mempedomani protokol Kesehatan covid-19 dalam transisi menuju new normal,” Ucapnya AKBP Bagus S. Wibowo

    Transisi New Normal yang dimaksudkan yaitu meskipun covid 19 di Lombok Barat masih ada, namun menyesuaikan dengan penerapan covid 19.

    “Diantaranya mempunyai Protokol yang dibuat sendiri, ditingkat Desa,” ujarnya.

    Lomba Kampung Sehat merupakan kemandirian Desa beserta Masyarakat, dimana kebijakan ditingkat desa diterapkan dalam penanganan covid 19.

    “Nantinya Bhabinkamtibmas hingga Kapolres, Kades hingga camat sampai bupati akan di kolaborasikan, apabila ada kebijakan Desa, maka akan terapkan,” bebernya.

    Pada kesempatan itu, Kapolres juga mendorong untuk mengembangkan inovasi kreatifitas, dengan memanfaatkan potensi masing-masing.

    “Bila puskesmas ada kebijakan tentunya, akan dapat pendampingan oleh semua unsur yang terkait,” imbuhnya.

    Menurut Kapolres, yang terpenting merubah mainset Masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran dalam protokol Kesehatan covid-19.

    “SOP di Desa secara administrasi harus dilengkapi, berkoordianasi dengan Kesehatan, terkait kemampunan, diarahkan untuk dilakukan pelatihan kepada Masyarakat yang ditunjuk,” ucapnya.

    Kapolres Kembali menekankan yang terpenting yaitu partisipasi masyarakat, sebagai Indikator mengukur kemandiran di Setiap Desa untuk menghadapi dituasi saat ini.

    “Penguatan program-program yang sudah ada, melalui pendampingan TNI-Polri dengan dinas-dinas lainnya,” jelasnya.

    Dalam Inovasi yang akan diterapkan, menyesuaikan dengan karakteristik masing-masing Desa, dalam menerapkan protokol covid 19.

    “Kita juga mendorong untuk memastikan kebiasaan berjalan dengan lancar, dengan aturan baru yang dibuat dalam penetapan Protokol covid 19,” tandasnya.

    Kapolres juga menekankan agar ketentuan SOP yang telah dibuat masing-masing Desa sebelum masa covid 19, agar menyesuaikan dengan perkembangan saat ini.

    “Intinya Kampung Sehat adalah sejauh mana Desa bisa memberdayakan masyarakat untuk berperan aktif menyadarkan masyarakat, dengan kebiasan yang baru,” Pungkasnya.

    (TimWar / HS)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +