-->

Hukrim

Iklan InFeed

Kapolda NTB, Irjen Pol Muhammad Iqbal Perkuat Sinergitas Lintas Institusi

Cyber Media
09/06/20, 18:11 WIB Last Updated 2020-06-09T11:11:48Z
Wargata.com, NTB,– Setelah sehari sebelumnya bersilaturrahmi ke satuan korps internal dan media cetak lokal, Selasa (9/6), Kapolda Nusa Tenggara Barat, Irjen Pol. M. Iqbal, S.I.K., M.H. melakukan silaturrahmi lintas institusi di Nusa Tenggara Barat. Silaturrahmi Kapolda NTB yang merupakan program awal selaku pimpinan baru institusi Polri di NTB itu, untuk lebih memperkuat sinergitas dalam upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) di wilayah Provinsi NTB.

Membuka pembicaraan dalam setiap kunjungannya, Irjen Pol. M. Iqbal selalu mengawali dengan perkenalan dan permintaan dukungan serta doa, agar dapat menjalankan amanah dalam memimpin Polda NTB dengan sebaik-baiknya.

“Saya atas nama pribadi sebagai orang baru di NTB dan atas nama institusi Polri dalam hal ini Polda NTB, mohon dukungan dan doa agar khususnya saya pribadi bisa menjalankan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Karenanya, melalui kesempatan yang baik di bulan Syawwal dimana merupakan bulan untuk ihlal bil ihlal (saling menghalalkan/memaafkan, red), mari kita bergandengan tangan untuk membangun NTB yang lebih baik ke depan,” ungkap Kapolda.

Untuk diketahui, beberapa institusi yang dikunjungi dalam silaturrahmi Kapolda NTB dengan tetap mengikuti protokol penanganan pandemi Covid-19 kali ini, di antaranya kunjungan ke Markas Komando Batalyon Infanteri (Yonif) 742/SWY, Kantor Pengadilan Tinggi NTB, dan dua media penyiaran yakni Stasiun Televisi Republik Indonesia (TVRI) NTB dan Lombok TV.

Dalam kesempatan sambutannya pada apel pasukan di Yonif 742/SWY, Kapolda NTB mengungkapkan bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah kebanggaan bangsa dan negara Indonesia, bahkan juga kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia. Dikatakannya, sinergi TNI-Polri dalam berbagai sisi dan kondisi akan mampu menjawab tantangan bangsa.

“Kemampuan prajurit TNI- Polri selain sebagai pasukan tempur, juga mendukung agenda negara seperti Pemilukada dan lain-lain. TNI- Polri yakin, sebagai pilar utama NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia, red) telah membuktikan diri mampu menjaga ketertiban, keamanan, dan pertahanan negara lebih-lebih ketahanan integral,” kata Kapolda.

“Karenanya itu, TNI-Polri dituntut untuk kompak, jangan ada perselisihan. Bila ada permasalahan, kita cari solusi bersama. Karena bagaimanpun, TNI-Polri memiliki tugas dan tujuan yang sama yakni mengamankan negara,” tandasnya.

Sementara saat bertemu Kepala Kantor Pengadilan Tinggi NTB, Kapolda menyampaikan komitmen sinergitas dalam penegakan hukum di wilayah Provinsi NTB. Dikatakannya, dalam penegakan hukum hubungan antara Pengadilan dan Kepolisian akan selalu memiliki keterkaitan.

“Karena itu, melalui kesempatan ini kita berkomitmen untuk semakin memperkuat jalinan dalam bersinergi, guna kewibawaan penegakan hukum di NTB yang lebih baik,” ujar M. Iqbal.

Pun dalam kunjungannya ke media penyiaran publik (Stasiun TVRI NTB dan Lombok TV), seperti halnya saat bersilaturrahmi dengan pimpinan media cetak, Kapolda NTB kembali menyatakan bahwa media merupakan sumber informasi publik.

“Kami berterimakasih selama ini media tetap mensuoport tugas-tugas Kepolisian. Kami harap hal itu tetap dikuatkan, dipertahankan. Kami tahu bahwa media sangat berpengaruh dalam pelaksanaan tugas Kepolisian di Polda NTB ini. Apalagi media televisi merupakan media yang paling ringan, paling disukai oleh masyarakat, masyarakat bisa melihat langsung melalui televisi, apa saja yang telah dilakukan oleh Kepolisian,” tuturnya. 

(TimWar / HS)
Komentar

Tampilkan

Wargata.com

+