-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Banner Ucapan

    Ads Google Searc

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Program Kampung Sehat Semakin Memotivasi Masyarakat Lingkungan Maras Patuhi Protokol Kesehatan

    Alam - Admin 2
    12/09/20, 20:34 WIB Last Updated 2021-10-21T16:07:32Z
    Wargata.com, NTB,- Program Kampung Sehat yang diinisiasi Kapolda NTB dalam upaya membantu pemerintah sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran covid-19 patut diapresiasi. semenjak dilaksanakan Lomba Kampung Sehat, beberapa desa / kelurahan menjadi semakin termotivasi untuk melaksanakan protokol kesehatan.

    hal ini dibuktikan oleh warga kampung sehat Lingkungan Maras Kelurahan Samapuin, saat melihat secara dekat prilaku warga setempat terhadap kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan pada sabtu sore (12/9/2020).

    kegiatan peninjauan kampung sehat ini dilaksanakan secara dadakan tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu, untuk melihat kondisi Riel akan prilaku warga di lingkungan setempat. terbukti, warga Lingkungan Maras Kelurahan Samapuin benar - benar menerapkan protokol kesehatan serta prilaku hidup bersih dan sehat mulai dari anak-anak hingga orang tua.

    Camat Sumbawa, Hikmawan SH, M.Si yang ditemui di sela-sela peninjauan lingkungan Maras, mengaku jika warga setempat betul - betul melaksanakan protokol kesehatan selama masa pandemi covid-19. warga lingkungan ini telah lama menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat sehingga tidak mengherankan jika warga di sini patuh dengan protokol kesehatan dalam menjalani adaptasi kebiasaan baru.
    "sebelum adanya pandemi covid-19, warga lingkungan maras telah terbiasa dengan perilaku hidup bersih dan sehat, terlebih kelurahan Samapuin juga menerapkan Pola Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). kita bisa melihat secara langsung anak-anak bermain layang di pematang sawah dengan menjaga jarak dan tetap pakai masker dan tidak ada rekayasa", ungkap Hikmawan.

    ditegaskan Camat Sumbawa, jika ada kegiatan hajatan atau pesta perkawinan, warga lingkungan maras sudah sangat paham, membatasi jumlah tamu yang hadir, serta mengatur jam tamu yang hadir antara tamu sesama lingkungan dengan tamu dari luar kelurahan Samapuin. 
    disamping himbauan melalui spanduk, baliho, juga melalui kegiatan keagamaan seperti Jumat berjamaah, bahkan setiap ada kegiatan sosial kemasyarakat selalu mengingatkan warga setempat terhadap pentingnya penerapan protokol kesehatan.

    "kami sangat mengapresiasi program kampung sehat ini, sebab masyarakat semakin termotivasi dengan protokol kesehatan serta semakin inovatif dan produktif", tegasnya.

    hal senada juga diungkapkan Lurah Samapuin - Ditha Frisqy S.IP bahwa selama pandemi covid-19, warga lingkungan maras betul-betul disiplin dan semakin termotivasi  melaksanakan protokol kesehatan. 

    di sektor ketahanan pangan, Lurah Samapuin mengaku salut dengan warga setempat yang menerapkan sistem "Kulkas Hidup" yakni mempersiapkan kebutuhan pangan di dalam kulkas, seperti ikan, daging, telur, sayuran, serta kebutuhan lainnya yang dihasilkan dari kebun warga dan pekarangan rumah.

    "program kampung sehat ini mampu menekan angka penularan covid-19 karena warga lingkungan maras benar-benar melaksanakan protokol kesehatan", papar Lurah Samapuin.

    sementara Ketua RT 05 Lingkungan Maras, Juliansyah Putra SE, menegaskan bahwa selama pandemi covid-19 warganya semakin termotivasi dengan protokol kesehatan mulai dari kalangan anak-anak, dewasa, hingga kalangan tua. bahkan anak-anak disini tidak hanya memakai masker tetapi double dengan memakai Face Sield.

    "setiap ada kesempatan dan momen kami selalu menyelipkan himbauan kepada warga untuk patuh dengan protokol kesehatan. apalagi dengan adanya Inpres nomor 06/2020, Perda Propinsi NTB nomor 07/2020, serta peraturan Bupati Sumbawa. terima kasih Kapolda NTB yang telah menginisiasi program kampung sehat sehingga masyarakat semakin.patuh melaksanakan protokol kesehatan dalam upaya mencegah penularan covid-19", tandasnya.

    (TimWar / HS)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +