-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Banner Ucapan

    Ads Google Searc

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Selesaikan Sejumlah Konflik, Kapolda Jambi Kunjungi Dua Kelompok Masyarakat Semerap

    Alam - Admin 2
    29/11/20, 15:37 WIB Last Updated 2021-10-21T15:56:43Z
    Wargata.com, Jambi - Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo kunjungi dua kelompok masyarakat Semerap, Danau Kerinci Barat dan Desa Muak, Bukit Karman, Kabupaten Kerinci yang terlibat pertikaian beberapa waktu lalu.

    Untuk menyelesaikan konflik yang sebelumnya, Kapolda Jambi berdialog langsung dengan tokoh masyarakat, para Depati, dan Pemangku Adat yang disaksikan langsung oleh masyarakat.

    Pada kesempatannya, Kapolda Jambi menyampaikan bahwa, disamping penyelesaian secara hukum negera resmi, dia memahami pentingnya hukum adat yang berlaku di satu wilayah, untuk menyelesaiakan perselisihan antar kelompok di masyarakat.
    Alumni Akpol 1993 ini menyampaikan, Kabupaten Kerinci menjadi agenda awalnya untuk dikunjungi, sejak dirinya menjabat sebagai Kapolda Jambi.

    "Saya pertama kali menjabat sebagai Kapolda Jambi, Kabupaten Kerinci yang pertama saya kunjungi, karena saya tahu, ada hal yang harus di selesaikan," kata Mantan Dirtipisiber Bareskrim Polri ini, saat menemui tokoh masyakarat Semerep, Muak dan Pulau Sangkar, Minggu (29/11/2020).

    "Disamping penyelesaian secara hukum yang resmi di negara kita, saya juga Hukum adat menjadi penting. Di situasi seperti ini, tentunya hukum adat akan kita dahulukan," tambahnya.

    Dalam pertemuan tersebut, ratusan orang secara antusias menyambut Kapolda dan menyampaikan seluruh keluhan dan aspirasinya, terkait konflik tersebut.

    Sejak awal, Kapolda Jambi memang berkomitment untuk menyelesaikan sejumlah konflik, baik terkait Pilkada, maupun sengketa tanah antara masyarakat Semerep dan Masyarakat Desa Muak, Pulau Sangkar secara berdialog dengan tokoh masyarakat dari tiga desa.

    Kepada kelompok masyarakat yang terlibat pertikaian, dia berjanji akan menginstruksikan setiap direktoratnya di Polda Jambi, Kapolres Kerinci dan Pemerintah Kabbupaten Kerinci untuk menjembatani kedua kelompok masyarakat Semerap, Danau Kerinci Barat dan Desa Muak, Bukit Karman, Kabupaten Kerinci.

    "Kita akan ajak pemerintah Kabupaten Kerinci untuk menjembatani kedua masyarakat kita yang berselisih paham," tutupnya.

    (TW/HS)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +