-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Banner Ucapan

    Ads Google Searc

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Seligi, Kapolda Kepri Bacakan Amanat Kapolri

    Alam - Admin 2
    17/04/23, 21:06 WIB Last Updated 2023-04-17T14:09:49Z
    Wargata.com, Batam - Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Seligi-2023 dilaksanakan di Dataran Engku Putri Kota Batam, sebagai Pimpinan Apel Kapolda Kepri, Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun, M.Si., dan dihadiri oleh Wakapolda Kepri, Wali Kota Batam, Pejabat Utama Polda Kepri dan TNI serta Forkopimda Kepri, Senin, (17/4/2023).

    Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun, M.Si., selaku Pimpinan Apel membacakan Amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., bahwa Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat-2023 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri dengan tema "Mudik yang Aman dan Berkesan", sebagai wujud sinergi Polri dengan Instansi terkait untuk menjamin situasi Kamtibmas dalam keadaan aman dan terkendali pada  Perayaan Idul Fitri 1444 H/2023.

    Berbeda dengan Hari Raya Idul Fitri Tahun lalu, pada Tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga. Dimana kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dan bersilaturahmi bersama keluarga.

    "Laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, kedepankan langkah-langkah humanis, dan pastikan ketersediaan perlengkapan operasi. Selanjutnya kawal arus mudik dan arus balik dengan baik, berikan informasi lalu lintas terkini kepada masyarakat serta perkuat sinergitas antara petugas pengamanan sebagai salah satu kunci keberhasilan Operasi Ketupat Seligi - 2023",  Kata Kapolda Kepri

    Dikatakan Pula, bahwa Operasi Ketupat 2023 Tahun ini melibatkan 148.261 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya.

    Polri dengan dukungan TNI, Pemerintah Daerah serta pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan Operasi “Ketupat Seligi - 2023” yang dilaksanakan selama 14 hari mulai dari tanggal 18 April 2023 sampai dengan tanggal 1 Mei 2023, yang mana Fokus Pengamanan adalah tempat-tempat  obyek keramaian di seluruh Indonesia, baik Masjid, tempat Wisata, Pusat Perbelanjaan, Terminal, Pelabuhan, Stasiun Kereta Api maupun  Bandara.

    Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dalam mengamankan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M. Yang man untuk Memastikan kelancaran Hari Raya Idul Fitri 1444 H, serta mewujudkan “Mudik yang Aman dan Berkesan” begitu pula pada saat arus balik, ujar Kapolda. 
    Diakhir amanat Kapolri terdapat beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan yaitu, Pertama, laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri pada saat melakukan pengamanan dalam operasi Ketupat - 2023

    Kedua, kedepankan langkah-langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomani SOP, agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan ”Presisi” sebagaimana harapan masyarakat

    Lalu yang Ketiga, pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarpras dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan, pos pelayanan, maupun pos terpadu. Sementara Keempat, berbagai langkah-langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik

    Selanjutnya, Kelima, pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat. Sedangkan yang Keenam, perkuat sinergitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait, Jelasnya. 

    Seusai melaksanakan Apel Gelar Pasukan, Kabid Humas Polda Kepri, KOMBES Pol. Jansen Avitus Panjaitan, S.I.K., M.H.,  mengatakan, bahwa untuk di Provinsi Kepri Operasi Ketupat Seligi-2023 mengerahkan sebanyak 1.561 personel yang terdiri dari 252 personel Polda Kepri, 467 personel Polres/Ta Jajaran, dan 842 personel yang terdiri dari TNI serta Stakeholder, kemudian di dalam Operasi Ketupat Seligi - 2023 kali ini disiapkan 55 Pos yang terdiri dari Pos Pengamanan, Pos Pelayanan dan Pos Terpadu. 

    ″Sebagaimana arahan dari Bapak Kapolri, kita perkuat sinergitas dan solidaritas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan Operasi Ketupat Seligi - 2023", Ucap Kabid Humas Polda Kepri kepada Awak Media

    "Untuk wilayah Provinsi Kepri yang merupakan Kepulauan, kita juga menggandeng BMKG untuk mendapatkan update informasi cuaca dan gelombang di laut yang berguna bagi kapal-kapal penumpang, Fokus kita dalam arus mudik ini adalah transportasi laut, namun juga pengamanan di tempat-tempat ibadah, tempat keramaian dan wisata tetap dilakukan termasuk rumah-rumah yang ditinggalkan mudik oleh masyarakat", Tandas Kabid Humas Polda Kepri, KOMBES Pol Jansen Avitus Panjaitan, S.I.K., M.H.

    (MW/RL/HS)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +