-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Banner Ucapan

    Ads Google Searc

    Ucapan Idul Fitri

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Apakah Malam ini Malam Lailatul Qadar?

    Admin 3
    31/03/24, 23:36 WIB Last Updated 2024-03-31T17:15:15Z
    Ilustrasi
    Wargata.com, - Malam Lailatul Qadar salah satu malam yang ditunggu-tunggu umat Islam di bulan Ramadan. Dimana Malam Lailatul qadar adalah malam istimewa turunnya Al-Quran secara keseluruhan, dan Bagi umat Islam malam lailatul qadar itu adalah malam yang penuh dengan kemuliaan.

    Malam Lailatul Qadar digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Hal ini sebagaimana disebutkan di dalam Al-Qur’an, surat Al-Qadr, ayat 1-5 yaitu;
    1. Innaa anzalnaahu fii lailatil qadr yang artinya; Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam qadar.
    2. Wa maa adraaka ma lailatul qadr yang artinya; Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?
    3. Lailatul qadri khairum min alfii shahr yang artinya; Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.
    4. Tanaz zalul malaa-ikatu war ruuhu fiiha bi izni-rab bihim min kulli amr yang artinya; Pada malam itu turun para malaikat dan Rµh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.
    5. Salaamun hiya hattaa mat la'il fajr yang artinya; Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.
    Namun Demikian, Apakah Malam ini tepatnya 31 Maret 2024 Lailatul Qadar?

    Jika merujuk puasa versi pemerintah, 31 Maret 2024 yang bertepatan dengan 20 Ramadhan 1445 Hijriah, berarti mulai Waktu Magrib telah terhitung sebagai Malam ke-21 Ramadhan, yang mana Malam ini adalah terhitung Malam Ganjil di 10 hari terakhir Ramadhan.

    Sementara jika merujuk pada puasa Ramadhan versi Muhammadiyah, 31 Maret 2024, maka terhitung sebagai puasa hari ke-21. Bila seperti itu, malam ini sudah dihitung sebagai malam ke-22 Ramadhan.

    Beberapa pendapat yang dihimpun oleh Wargata.com, bahwa Malam Lailatul Qadar biasanya jatuh pada malam Ganjil di 10 hari terakhir Ramadhan. Jika demikian bila mengikuti versi pemerintah, 31 Maret 2024 yang telah terhitung sebagai Malam ke-21 Ramadhan maka diprediksi jatuh pada salah satu tanggal-tanggal di bawah ini:

    21 Ramadhan 1445 H. terhitung mulai Maghrib 31 Maret - 1 April 2024

    23 Ramadhan 1445 H. terhitung mulai Maghrib 2-3 April 2024

    25 Ramadhan 1445 H. terhitung mulai Maghrib 4-5 April 2024

    27 Ramadhan 1445 H. terhitung mulai Maghrib 6-7 April 2024

    29 Ramadhan 1445 H. terhitung mulai Maghrib 8-9 April 2024

    Diketahui bahwa terdapat satu riwayat yang menyebutkan jika Lailatul Qadar bisa jatuh pada malam ke-21 Ramadhan. Berikut bunyinya;

    "Rasulullah melakukan iktikaf pada sepuluh hari pertama di bulan Ramadhan, dan kami pun beriktikaf bersamanya. Lalu Jibril datang dan berkata, 'Sesungguhnya apa yang kamu minta (ada) di depanmu.'

    Lalu Rasulullah berkhutbah pada pagi hari yang ke-20 di bulan Ramadhan dan bersabda, 'Barangsiapa yang iktikaf bersama Nabi, pulanglah. Karena sesungguhnya aku telah diperlihatkan Lailatul Qadar, dan aku sudah lupa. Lailatul Qadar akan terjadi pada sepuluh hari terakhir pada (malam) ganjilnya, dan aku sudah bermimpi bahwa aku bersujud di atas tanah dan air.'

    Saat itu atap masjid (terbuat dari) pelepah daun pohon kurma, dan kami tidak melihat sesuatu pun di langit. Lalu tiba-tiba muncul awan, dan kami pun dihujani. Lalu Rasulullah Sholat bersama kami, sampai-sampai aku melihat bekas tanah dan air yang melekat di dahi dan ujung hidungnya sebagai pembenaran mimpinya." (HR. Bukhari dan Muslim, sahih menurut Asy Syafi'i)

    (MW/SM)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +