-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Banner Ucapan

    Ads Google Searc

    Ucapan Idul Fitri

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Dugaan Proyek Siluman Muncul di Desa Nipa Nipa Bantaeng

    Alam - Admin 2
    20/11/19, 12:32 WIB Last Updated 2021-10-21T16:25:06Z
    Wargata.com, Sulsel - kegiatan  pekerjaan rabat beton yang kuat dugaan menggunakan Dana Desa (DD) di Desa Nipa-nipa Kecamatan Pa'jukukang Kabupaten Bantaeng provinsi sulawesi selatan diduga keras adalah Proyek Siluman, lantaran tidak ada papan informasi atau papan proyek di lokasi pekerjaan tersebut.

    Salah seorang warga setempat yg enggan di publikasikan namanya menjelaskan bahwa "Pekerjaan rabat beton ini sangat saya ragukan mutu dan kualitas dari pekerjaan tersebut, sebab pekerjaan Rabat Beton ini harusnya ada papan proyeknya dan juga ada gambar yang menjdi acuan  para pekerja.

    seharusnya kepala desa tidak menjadi pelaksana ataukah suplayer kegiatan tarsebut". Ungkap Warga Salah seorang warga Dusun Pico Desa Nipa Nipa.(20/10/2019)

    Lanjutnya, bahwa yang saya ketahui tentang pekerjaan rabat beton seharusnya ada timbunan dan padatkan dulu baru di lakukan pengecoran, tapi yang saya lihat justru timbunan tidak dipadatkan bahkan galian untuk pondasinya sangat rendah dan ini saya melihat pekerjaan ini asal asalan". Ucapnya

    Ditempat terpisah, salah seorang anggota  DPD BAIN HAM RI Bantaeng Askari Lmp (Wakil ketua 1 Bain Ham RI) Menyebutkan " Ini sangat di sayangkan dan perlu di pertanyakan jika ada suatu kegiatan pekerjaan  fisik demikian yang dana / anggaran tersebut bersumber dari DD (anggaran negara) tidak memasang papan informasi kegiatan/pekerjaan,  karna jelas dalam  Aturan yang mengatur regulasi tentang setiap pekerjaan bangunan fisik yang di biayai oleh negara wajib memasang papan proyek, Karna  dari papan proyek tersebut, menjelaskan nama kegiatan, lokasi pekerjaan (proyek), sumber dana/anggaran,  nomor kontrak, waktu pelaksanaan dan masa waktu akhir pelaksanaan pekerjaan tersebut. Ucap Anggota Bain Ham Ri

    Ditambahkan lagi, jika benar demikian dalam kegiatan/pekerjaan tersebut tidak ada papan proyek,  maka itu jelas-jelas sudah menyalahi Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), selain dari Itu juga peraturan Menteri Pekerja Umum Nomor 29/PRT/M/ 2006 (Permen PU 29/2006) tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung, dan Permen PU Nomor 12  Tahun 2014  atau Peraturan Menteri Pekerja Umum Nomor 12/PRT/M/2014 di sebutkan salah satu terkait parsyaratan penampilan bangunan/pembangunan gedung yang salah satunya memperhatikan aspek tapak bangunan, termasuk pemasangan papan nama informasi (papan proyek) untuk memperhatikan keamanan, keselamatan, keindahan dan keserasian lingkungan. agar masyarakat mengetahui sumber dana / anggaran, besarannya anggaran yang di gunakan maupun volume dari kegiatan di ketahui oleh masyarakat luas/umum.

    Selain dari Peraturan Mentri Pekerja Umum (Permen PU), Peraturan Persiden (Pepres) Nomor 54 Tahun 2010 dan Pepres Nomor 70 Tahun 2012 jelas tertuang di dalamnya terkait kewajiban mamasang/pemasangan papan informasi nama kegiatan/pekerjaan ataukah papan nama proyek tersebut.

    olehnya itu jika pelaksana maupun pemerintah desa ataukah pihak2 terkait  tidak mematuhi aturan tersebut maka kuat dugaan kegiatan/pekerjaan (proyek) rabat beton itu di kerja asal-asalan dan tidak sesuai bestek mau pun juknis yang berlaku. sehingga di himbau pada pihak2 berwenang atau berwajib dalam hal ini Inspektoran, BPP/BPKP mau pun Kepolisian dan Kejaksaan sekiranya dapat turun kelapangan memeriksa proyek tersebut yang ada di dusun Pico Desa Nipa-nipa Kecamatan Pa'jukukang Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan. ucap Askari Lmp Wakil Ketua 1 Bain Ham Ri Bantaneg (DPD Bantaeng : Bain Ham RI - Badam Advokasi Investigasi Hak Asasi Manusia Republik Indonesia). 

    (Jf/Tim Warga)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +