-->

Hukrim

Iklan InFeed

Tidak Layak Huni, TNI Polri di Lombok Barat Bedah Rumah Milik Seorang Nenek

Andini sulastri
12/06/20, 16:59 WIB Last Updated 2020-06-12T10:01:38Z
Wargata.com, NTB, Sejumlah anggota TNI dan polri membongkar rumah milik seorang nenek bernama Inaq Sihin yang berumur sekitar 75 tahun, Kamis (11/6).

Selama ini Rumah dengan kondisi yang sangat memprihatinkan tersebut ditempati seorang diri oleh Inaq Sihin 

Saat dikonfirmasi, Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo, S.I.K., membenarkan pembongkaran yang dilakukan oleh jajaran Polres Lombok Barat bersama jajaran Kodim 1606 WB ini.

“Pembongkaran ini merupakan bagian dari proses program Bedah Rumah yang tidak layak huni, yang ditempati seorang diri oleh Inaq Sihin,” ungkapnya.

Rumah Inak Sihin ini terletak di Dusun Batu Samban Desa lembar Selatan Kecamatan Lembar Kabupaten Lobar.

Kapolres menuturkan, program bedah rumah ini merupakan kepedulian Polri dalam menyambut Hari Bhayangkara ke-74, yang bertemakan Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif.
“Sehingga Polres Lombok Barat mewujudkankan melalui kegiatan Bedah Rumah ini,” ujarnya.

Inak Sihin mendapat bantuan Bedah rumah ini, berawal dari kegiatan sosial dalam penyaluran bantuan beras Polri peduli Covid 19 di Lembar oleh Babinkamtibmas Desa Lembar Selatan, Minggu (7/6).

“Dalam kegiatan penyaluran tersebut, Bhabinkamtibmas Desa Lembar Selatan menemukan fakta mengejutkan di Lapangan,” katanya.

Dalam laporannya, Bhabinkamtibmas Desa Lembar Selatan menyampaikan masih ada warga masyarakat yang menempati rumah dalam kondisi yang sangat memprihatinkan dan tidak layak huni.

“Dalam keadaan jompo, dan kesulitan ekonomi, Inak Sihin menempati rumahnya dalam kesendiriannya, mendorong kami untuk menindaklanjutinya,” imbuhnya.

Atas informasi tersebut, Kapolres Lombok Barat mengecek langsung ke lokasi untuk memastikan laporan dari personilnya.
“Setelah secara langsung melihat kondisi rumah Inaq Sihin, memang benar adanya, sehingga dipersiapkan perencanaan untuk segera membantu Inaq Sihin dengan melakukan program bedah rumah ini,” jelasnya.

Rencana Kapolres Lombok Barat ini juga disambut baik oleh jajaran Kodim 1606 WB, yang turut serta mengerahkan personilnya untuk segera menindalanjuti rencana ini.

“Alhamdullilah, rencana ini juga disambut baik Pak Dandim, sehingga TNI-Polri siap untuk mewujudkannya,” imbuhnya.

Agar pelaksanaan Bedah Rumah ini berlasung lancar sesuai dengan yang direncanakan, terlebih dahulu dilakukan komunikasi langsung terhadap yang bersangkutan.

Menyikapi ini, walaupun sudah mendapat persetujuan dari Inak Sihin, Kapolres tetap turun berkomunikasi langsung.
“Ini dimaksudkan untuk meyakinkan kembali kepada yang bersangkutan, bahwa pengerjaan bedah rumah ini hanya dilakukan oleh TNI Polri,” tandasnya.

Menyanggupi keinginan Inak Sihin, sehingga dari perencanaan, Pembongkaran, hingga pembangunan dilakukan secara gotong royong oleh personel Gabungan TNI-Polri.

Selanjutnya Kapolres Lombok Barat langsung memimpin kegiatan pembongkaran bersama jajarannya dan personil TNI.

Alhasil, selama Proses pembongkaran Inaq Sihin benar-benar tidak mau beranjak dari lokasi rumahnya, untuk memastikan pembongkaran tersebut hanya dikerjakan oleh personel TNI-Polri.

“Rumah yang akan dibangun setara dengan Type 21, dilengkapi dengan kamar tamu, kamar tidur dan kamar mandi,” terangnya.

Saat ini progress pembangunan telah sampai kepada tahap pembuatan fondasi, yang semuanya dikerjakan oleh gabungan personil jajaran Polres Lombok Barat dan personil Kodim 1606 WB.

“Diharapkan, bila tidak ada halangan, Insya Allah proses bedah rumah ini rampung dikerjakan kurang lebih selama 2 minggu kedepan,” ujarnya.

Kapolres menegaskan program bedah rumah ini juga sebagi bentuk sinergitas TNI Polri yang solid, dalam membantu masyarakat yang membutuhkan terutama selama masa Pandemi Covid 19.

(TimWar / HS)
Komentar

Tampilkan

Wargata.com

+