-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Maulid Nabi Muhammad SAW

    Hut TNI

    Ads Google Searc

    Kapolres Wajo

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Polda Sulbar Akan Terapkan Tilang Elektronik

    Cyber Media
    17/03/21, 21:35 WIB Last Updated 2021-10-21T12:05:59Z
    Wargata.com, Sulbar - Polda Sulawesi Barat berencana akan menerapkan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) sebagai tindakan hukum para pelanggar lalu lintas dalam waktu dekat ini dan Kabupaten Polman menjadi yang pertama menerapkan Tilang Elektronik di Sulawesi Barat.

    Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kapolda Sulbar Irjen Pol Eko Budi Sampurno saat melakukan kunjungan kerja di Polres Polman, Selasa (16/03/21).

    Kapolda Sulbar Irjen Pol Eko Budi Sampurno, mengatakan bahwa rencana ini akan dirilis pada pertengahan bulan April 2021 mendatang, bersamaan dengan wilayah lainnya yang masuk prioritas tahap pertama perluasan pemanfaatan ETLE.

    Sebanyak 20 kamera CCTV dan 1 speedcam telah disiapkan untuk beroperasi di sejumlah titik tertentu yang berpotensi terjadi pelanggaran lalin atau kecelakaan akibat kendaraan bermotor.
     
    Ia juga menyebutkan, melalui ETLE diharapkan masyarakat lebih patuh pada aturan lalu lintas sehingga mengurangi kecelakaan kendaraan bermotor. Serta, meningkatkan kinerja kepolisian dan mendukung program 100 hari kerja Kapolri baru. 

    Lebih jauh, pemberlakuan ETLE ini bertujuan untuk mengurangi risiko anggota Polri bersentuhan dengan masyarakat dan menyadarkan masyarakat untuk patuh berlalu lintas. 

    “Satu pelangaran yang tekait pemakaian helem, tidak pakai safety belt (sabuk pengaman), pakai handphone dan melawan arus itu akan ditindak,” ucapnya.

    Selain itu, pengendara yang menerobos lampu merah, ugal-ugalan dan melebihi batas kecepatan maksimal yakni 80 km per jam juga akan ditindak.

    Saat E-TLE sudah diterapkan, maka surat tilang beserta bukti pelanggaran akan dikirim ke alamat rumah pelanggar lalu lintas. Untuk mengurusnya, "Pengawasan ini dilakukan selama 24 jam dan menggunakan teknologi yang cukup canggih, sehingga masyarakat yang melanggar dapat terlihat jelas dari monitor kita. Pungkas Kapolda Sulbar Irjen Pol Eko Budi Sampurno.

    (TW/HS/IN)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +