-->

Banner Panglima TNI dan Kapolri

Ucapan Kabid Humas

Ads Google Searc

Sat Lantas

Hukrim

Tingkatkan Kemahiran Penerbang, TNI AU dan US-FACAF Gelar Latihan Bersama

Syukron redaksi wargata.com
06/09/21, 14:37 WIB Last Updated 2021-09-06T07:49:32Z
Wargata.com, Lombok timur NTB-LANUD ZAM. Guna meningkatkan keterampilan dan kemahiran penerbang C130 Hercules, TNI Angkatan Udara Indonesia dan tentara US-PACAF menggelar latihan bersama (Latma) Pacific Airlift Rally (PAR) 2021 yang dilaksanakan di Rambang Lombok timur 
 Nusa Tenggara Barat, Senin (6/9/2021)

PAR-21 sesuai konsepnya adalah program latihan United State Air Force (USAF) bersama negara-negara Asia-Pasifik dalam mendukung kegiatan bantuan kemanusiaan dan penanganan bencana melalui media udara dengan penerjunan barang, khususnya untuk membantu korban bencana alam yang lokasinya tidak dapat ditembus melalui jalan darat.

Pada masa pandemi Covid-19 yang masih terjadi, latihan kali ini hanya diikuti oleh dua negara saja yaitu Indonesia dan Amerika Serikat. Dalam hal ini TNI AU mengerahkan satu unit pesawat C130 Hercules A-1323 dari Skadron Udara 33 Lanud Hasanuddin Makassar dan dari Angkatan Udara Amerika Serikat mengerahkan satu  unit pesawat C-130J Super Hercules dari Skadron Udara 36, Wing Udara 374 yang berbasis di pangkalan udara Yokota, Jepang.
Kedua pesawat ini akan lepas landas dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (Bizam), secara bergantian dengan rute yang telah ditentukan kedua pesawat akan melaksanakan Flying Training Exercise (FTX). Selain itu dilaksanakan pula latihan Command Post Exercise (CPX) dan diakhiri penerjunan barang bantuan dengan teknik tertentu yakni Container Delivery System (CDS) di daerah latihan penembakan atau Area Weapon Range (AWR) Lanud TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) Rambang Lombok Timur.

Pesawat TNI AU di bawah kepemimpinan Komandan Skadud 33 Letkol Pnb Ari Susiono, S.E., beserta kru akan menerjunkan satu bundel CDS melalui udara dari ketinggian 600 feet yang beratnya sekitar 600 kg. Secara bergantian pesawat dari US-PACAF juga akan menerjunkan satu bundel CDS melalui udara dengan berat sekitar 500 kg.

Komandan Lanud ZAM Kolonel Pnb Khairun Aslam didampingi Kadislog turut meninjau pelaksanaan penerjunan barang di AWR Rambang.

Latihan PAR-21 dilaksanakan mulai hari ini dan akan berakhir pada tanggal 10 September 2021 mendatang.

(HS/SH)
Komentar

Tampilkan

Timwar

+