-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Banner Ucapan

    Ads Google Searc

    Ucapan Idul Fitri

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Polres Luwu Lumpuhkan Pelaku Curat Tabung Gas 3 Kg di Beberapa TKP

    Alam - Admin 2
    04/05/23, 22:23 WIB Last Updated 2023-05-04T15:25:17Z
    Wargata.com, Sulsel - Team Resmob Sat Reskrim Polres Luwu berhasil menangkap spesialis pencuri tabung gas LPG 3 kg di Wilayah Kabupaten Luwu yang diamankan di Jalan Mungkasa, Kelurahan Salekoe, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo, Rabu, (3/5/2023)

    Penangkapan tersebut dipimpin Ka Team Resmob Polres Luwu, BRIPKA Hamid Padang, S.H., bersama Unit Resmob Polres Luwu dan di back up Unit Resmob Polsek Wara Polres Palopo. 

    Kapolres Luwu, AKBP Arisandi, S.H., S.I.K., M.Si., membenarkan hal tersebut, dimana pengungkapan kasus pencurian pemberatan spesialis tabung gas LPG 3 Kg dan mengapresiasi upaya dari Satreskrim. 

    "Pengungkapan ini sebagai wujud responsif Kepolisian untuk menjawab keresahan masyarakat dari aksi pencurian tabung gas 3 Kg yang telah dilakukan oleh pelaku di beberapa TKP dan menimbulkan kerugian korban yang berkisar puluhan juta rupiah", Kata AKBP Arisandi, Kamis, (4/5/2023).

    Dikatakan pula, bahwa berdasarkan informasi terduga pelaku berinisial HH (26), Warga Desa Pattedong, Kecamatan Ponrang, Kabupaten Luwu, ia melakukan pencurian tabung gas 3 Kg dengan cara masuk ke dalam kios tempat penyimpanan tabung gas milik korban yang terletak di samping rumah korban dengan merusak engsel pintu kios. 

    Lalu Kemudian terduga pelaku HH mengambil tabung gas ukuran 3 kg warna hijau milik korban sebanyak 53 buah, Selanjutnya tabung gas itu diangkut oleh pelaku dengan menggunakan mobil rental No Pol DW 1714 LG menuju ke Kota Palopo, Ungkapnya. 

    Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Luwu, AKP Muh. Saleh, S.E., M.H., menuturkan, bahwa kasus ini terungkap setelah dilakukan serangkaian penyelidikan di lapangan akhirnya diketahui bahwa terduga pelaku pencurian tabung gas 3 Kg yang berinisial HH (26). 

    "Selajutnya dilakukan pengembangan penyelidikan lebih lanjut terkait keberadaan pelaku hingga akhirnya diketahui bahwa pelaku sedang berada di salah satu rumah kost yang beralamat di Jalan Mungkasa, Kelurahan Salekoe, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo", Ucapnya. 

    Lebih lanjut, bahwa menindaklanjuti informasi tersebut, team kemudian bergerak menuju ke lokasi yang dimaksud dan akhirnya berhasil mengamankan terduga pelaku HH

    "Setelah dilakukan interogasi terhadap pelaku, yang bersangkutan juga mengakui bahwa dirinya juga telah beraksi di beberapa TKP di wilayah Kab. Luwu yang kemudian barang bukti tersebut dijual langsung kepada pemilik pangkalan tabung gas yang beralamat di Kec. Wara, Kota Palopo dan sebagian lagi dijual melalui COD", Ujarnya. 

    Dijelaskannya, bahwa setelah dilakukan interogasi terhadap terduga pelaku HH, team kemudian melakukan pengembangan dan pencarian terhadap barang bukti tindak pidana pencurian itu, namun ketika pelaku diarahkan untuk menujukkan barang bukti tersebut, pelaku mencoba melawan petugas dan berusaha melarikan diri dengan cara mendorong salah seorang petugas Kepolisian hingga terjatuh. 

    "Petugas telah memberikan peringatan dengan suara lantang namun tidak dihiraukan oleh pelaku, kemudian dilakukan tembakan peringatan sebanyak 3 kali ke udara, pelaku tetap berlari dan tidak mengindahkan tembakan peringatan tersebut, hingga akhirnya dilakukan tindakan tegas terukur dengan melumpuhkan pelaku yang tepat mengenai betis sebelah kanan pelaku, Selajutnya pelaku di bawah ke Rumas sakit untuk mendapat perawatan medis", Jelas AKP Saleh. 

    Atas perbuatannya pelaku HH akan dijerat Pasal 363 ayat 1 ke 5 KUHPidana dengan ancaman hukuman 9 Tahun.

    (MW/RL/HS)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +