-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Hukrim

    Ucapan Mabes Polri

    Ucapan Polda

    Ads Google Searc

    Ucapan Polres

    Banner IDwebhost

    Kapolres Parepare Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan 2022

    Admin 3
    01/03/22, 18:43 WIB Last Updated 2022-03-01T11:43:03Z
    Wargata.com, Sulsel - Polres Parepare menggelar apel gelar pasukan dalam rangka operasi keselamatan Tahun 2022 di depan Mako Polres Parepare Jalan Andi Mappatola Kelurahan Ujung Baru Kecamatan Soreang Kota Parepare Sulawesi Selatan, Selasa, (01/03/2022).

    Apel gelar pasukan dipimpin langsung Kapolres Parepare AKBP Andiko Wicaksono

    Tema operasi tersebut adalah, "Kita Wujudkan Budaya Tertib Berlalu Lintas Guna Terciptanya Sitkamseltibcar lantas serta Dalam Upaya Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19", 

    Dalam kesempatan tersebut Kapolres Parepare AKBP Andiko Wocaksono, S.IK., membacakan sambutan Dir Lantas Polda Sulsel, menyebutkan fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas.

    "Keselamatan dalam berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting. Hal itu dapat ditunjukkan dari kesadaran pengguna lalu lintas, pengendara kendaraan bermotor, maupun pengguna jalan lainnya masih rendah," Ucapnya.

    Andiko menambahkan bahwa di tengah mewabahnya covid-19 petugas dilapangan mengutamakan cara bertindak persuasif humanis terhadap pelaku pelanggar lalu lintas dan menerapkan protokol kesehatan.

    Operasi kepolisian mandiri kewilayahan keselamatan 2022 ini dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari tanggal 1 sampai dengan 14 Maret 2022, secara serentak di seluruh indonesia.

    Adapun beberapa jenis pelanggaran pada operasi keselamatan 2022 ada 7 prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran penindakan yaitu : Pengemudi kendaraan bermotor yang meggunakan HP, pengemudi kendaraan bermotor yang masih dibawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI, mengemudikan kendaraan motor dalam pengaruh alkohol, melawan arus, pengemudi tidak menggunakan safety belt. Selain itu juga melakukankan penindakan tehadap truk ODOL (over dimensi dan over loading).

    “Dalam penanganan jenis pelanggaran tersebut di atas dilakukan secara persuasif humanis dengan memberikan tindakan teguran kepada pelanggar,” imbuhnya.

    Selain tindakan teguran, juga dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi secara masif tentang disiplin dalam berlalu lintas, penerapan protokol kesehatan dan mapping wilayah tempat kerumunan massa dan tempat-tempat kerumunan dan tempat-tempat lain yang dapat menimbulkan kerumunan massa.

    "Diharapkan pada operasi keselamatan tahun ini dapat memutus mata rantai penyebaran Covid 19, menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan blackspot, trouble spot serta dapat meminimalisir fatalitas laka lantas yang mengakibatkan korban meninggal dunia",  tutup Andiko

    Dalam kegiatan tersebut dihadiri Dan Yon B Pelopor Brimobda Polda Sulsel Kompol Ramli, Kepala Jasa Raharja Kota Parepare Fuad, SH, PIA, Dandenpom XIV Parepare Ltkol Cpm Hasto Susanto, SH, Danramil 02/1405 Mallusetasi Kpten Czi Zainuddin, Kasat Pol PP Kota Parepare H. Ansar, Kadishub Kota Parepare H. Iskandar Nusu, M.Si, Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Parepare Akibar, Kasi Lalu Lintas Dishub Kota Parepare A. Paranrengi.

    (MW/RL/HS)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +