-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Hukrim

    Kapolri dan Kadiv

    Ads Google Searc

    Kapolres Soppeng

    Media Warga

    Para Kapolres Polda Sulsel

    Beredar di Medsos Rekaman Video Kapolri Turun Langsung Kawal Aksi Demonstrasi

    Anggi - Admin 7
    11/04/22, 22:19 WIB Last Updated 2022-04-11T19:18:16Z
    Wargata.com, - Beredar di Medsos Rekaman Video Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Turun Langsung mengawal dan mengamankan aksi demonstrasi mahasiswa, yang mana dalam Video tersebut, Kapolri memerintahkan jajaran kepolisian untuk mengawal aksi demonstrasi mahasiswa supaya berjalan dengan aman. Hal ini ditegaskan kepada bawahannya saat memberikan pidato dari atas mobil komando pada aksi mahasiswa di depan Gedung DPR RI, Jakarta, Senin, (11/4/2022).

    Kapolri juga mengungkapkan, bahwa aspirasi dari mahasiswa patut dikawal, karena suara mahasiswa merupakan suara murni yang harus dijaga, dan Ia tak ingin ada pihak-pihak yang justru nantinya menunggangi suara murni dari mahasiswa.

    Oleh karena itu, "saya titip juga kepada seluruh anggota, Tolong kawal, tolong jaga adek-adek kita, ini anak-anak kita, ini teman-teman kita. Jaga mereka, kawal, jangan sampai ada yang menunggangi. Karena suara aspirasi mahasiswa adalah suara akademisi" Teriak Kapolri dalam Video tersebut.

    Sebagaimana Sebelumnya, Kapolri telah menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk mengawal dan mengamankan aksi demonstrasi mahasiswa dengan mengedepankan pendekatan humanis. Hal itu diinstruksikan saat Kapolri menggelar video conference bersama seluruh jajaran baik dari tingkat Mabes Polri, Polda dan Polres jajaran. 

    "Polri memberikan dan menjamin setiap warga negara untuk untuk menyampaikan aspirasinya atau memberikan ruang demokrasi. Oleh karena itu, pendekatan humanis harus terus dilaksanakan dalam mengawal aksi demonstrasi," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya kepada awak media, Jakarta, Minggu, 10 April 2022.

    Sigit memastikan, Polri memiliki komitmen dalam rangka menjunjung tinggi HAM dan nilai-nilai demokrasi di Indonesia. Dalam hal ini, kata Sigit, Korps Bhayangkara berpegang teguh pada dalam UUD 1945 maupun Undang-Undang (UU) soal kebebasan berpendapat dan berekspresi yang merupakan bagian dari hak asasi manusia sehingga diberikan perlindungan secara universal.

    Disisi lain, Sigit juga menegaskan, aparat kepolisian tetap akan menjalankan tugasnya dalam memberikan jaminan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Sebab itu, Sigit berharap demonstrasi 11 April, juga diharapkan mampu menghormati dan menjaga kesucian serta kekhusyukan umat Islam yang sedang menjalani Ibadah Puasa Ramadhan. 

    "Sebab itu, humanis harus terus dilaksanakan. Apalagi, karena saat ini bulan Ramadhan, kesucian dan kekhusyuan bagi umat muslim yang sedang menjalani puasa tetap harus kita perhatikan," ujar Sigit. 

    Demi semakin menciptakan situasi kamtibmas yang tetap kondusif, aman dan damai dalam demonstrasi di bulan Ramadhan, Sigit mengimbau, baik ke kepolisian maupun peserta aksi untuk sama-sama mengantisipasi adanya penumpang gelap atau oknum yang berusaha menunggangi demonstrasi tersebut. Kata Kapolri

    (MW/RED)

    Berita Terkait
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +