-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Banner Ucapan

    Ads Google Searc

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Kapolres Mamasa Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Marano 2022

    Anggi - Admin 7
    22/04/22, 16:01 WIB Last Updated 2022-04-22T09:04:19Z
    Wargata.com, Sulbar - Kapolres Mamasa AKBP Harry Andreas, SI.K., M.M., menjadi Inspektur Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Marano 2022 yang dilaksanakan di lapangan Apel Mapolres Mamasa, Jum'at, (22/04/22). 

    Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Mamasa Dr. H. Ramlan Badawi M.H., Para Forkopimda Kabupaten Mamasa atau yang mewakili Serta Seluruh Pejabat Utama Polres Mamasa

    Pasukan upacara terdiri dari anggota Kodim 1428 Mamasa, Personil Polres Mamasa, Dinas Perhubungan Kabupaten Mamasa dan Sat Pol PP Kabupaten Mamasa

    Kapolres Mamasa AKBP Harry Andreas  Mengatakan Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan Sebagai Bentuk Pengecekan Akhir Kesiapan Pelaksanaan Operasi Ketupat 2022 Baik Pada Aspek Personel Maupun sarana Prasarana serta Keterlibatan Unsur Terkait, Ucap Kapolres Mamasa

    Perayaan hari raya idul fitri sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, dan bersilaturahmi dengan keluarga serta sahabat. Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya idul fitri 1443/tahun 2022 pada tanggal 2 dan 3 mei 2022 dan juga menetapkan cuti bersama idul fitri pada tanggal 29 april dan tanggal 4 sampai dengan 6 mei 2022.

    Berbeda dengan idul fitri tahun lalu, pada tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

    Kebijakan Pemerintah Untuk Tidak Melarang Masyarakat Melakukan Perjalanan Mudik Telah Ditanggapi Dengan Eforia, Hal Ini Terbukti Berdasarkan Hasil Survey Badan Litbang Kemenhub Ri, Diprediksi Sekitar 85,5 Juta Masyarakat Akan Melaksanakan Mobilitas/Perjalanan Selama Lebaran. 

    Berbagai permasalahan menjelang, pada saat dan pasca idul fitri 1443 h /tahun 2022 harus diantisipasi, kita harus bergandengan tangan bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait agar umat muslim dapat menjalankan ibadah ramadan dengan khusuk dan puncaknya pada perayaan idul fitri serta masyarakat yang mudik berjalan lancar, aman dan sehat. Lanjut Kapolres Mamasa

    Untuk mengendalikan penyebaran covid-19 menjelang, pada saat dan sesudah idul fitri 1443 H/Tahun 2022 harus dapat dilaksanakan baik dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
    1. Melakukan himbauan dan mengawasi kedisiplinan masyarakat agar taat terhadap protokol kesehatan 3m; 
    2. Mendorong pengelola tempat wisata untuk memastikan aplikasi peduli lindungi terpasang dan harus benar-benar digunakan. Jika terdapat pengunjung yang belum Divaksin langsung diarahkan ke gerai- gerai vaksin terdekat. Jika terdapat pengunjung yang masuk kategori hitam, siapkan ruang isolasi sementara sebelum mendapatkan penanganan lebih lanjut;
    3. Melaksanakan penjagaan dan pengamanan terhadap pelaksanaan ibadah idul fitri di masjid-masjid maupun di lapangan; 
    4. Mengawasi terpenuhinya persyaratan perjalanan mudik pada berbagai moda transportasi agar masyarakat pengguna moda transportasi terlindung dari bahaya penularan covid-19; 
    5. Melakukan testing, tracing, dan treatment terhadap kasus yang terkonfirmasi covid-19 bersama satgas covid-19, tni dan pemerintah daerah untuk makukan isolasi mandiri, isolasi terpusat, atau perawatan di rumah sakit rujukan sesuai dengan standar yang ada;
    6. Melaksanakan random check swab antigen kepada para pelaku perjalanan dan siapkan pelayanan vaksinasi serta isolasi sementara di posyan;
    7. Melakukan percepatan program vaksinasi terutama pada kab/kota yang belum mencapai target; 
    8. Melakukan manajemen rekayasa lalu lintas, mulai dari contraflow, buka tutup gate tol, one way, ganjil-genap pada jalan tol maupun ruas jalan tertentu saat arus mudik/balik maupun jalan-jalan menuju tempat wisata dan sosialisasi melalui media secara masif sehingga masyarakat dapat mengatur rencana perjalanannya.

    Adapun beberapa penekanan kapolri selama pelakasanaan operasi ketupat 2022
    1. Jaga stamina dan kesehatan mental beserta fisik selama perjalanan operasi, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada tuhan yang Maha Esa. 
    2. Lakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif. 
    3. Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dimanapun dan kapanpun. Rekan- rekan adalah wujud representasi negara di tengah- tengah masyarakat. 
    4.  Gelar kekuatan polri pada pos-pos pengamanan dan pelayanan serta di titik-titik rawan kriminalitas, titik-titik kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, sehingga mampu bertindak cepat dan tepat dalam melakukan tindakan kepolisian guna menjamin masyarakat aman dan sehat. 
    5. Lakukan koordinasi dan kerjasama dengan satgas covid-19 untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi terjadinya lonjakan mobilitas masyarakat saat libur idul fitri 1443 h/2022 dengan melakukan test antigen secara acak terhadap warga masyarakat di tempat keramaian seperti rest area, mall, tempat wisata, dll untuk memonitor kemungkinan terjadinya penyebaran covid-19 di area-area tersebut. 
    6. Dorong para pengelola tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan untuk memasang dan menerapkan aplikasi peduli lindungi. 
    7. Satgas pangan agar betul-betul memainkan peran untuk membantu pemerintah dalam menjamin ketersediaan bahan-bahan pokok dan pengendalian harga. 
    8. Mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat. Satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

    (MW/RL/IN)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +