-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Hukrim

    Kapolri dan Kadiv

    Ads Google Searc

    Kapolres Soppeng

    Media Warga

    Para Kapolres Polda Sulsel

    Kapolda Sulbar Bersama Forkopimda Ikuti Upacara Hari Bhayangkara ke-76 Secara Virtual

    Admin 3
    05/07/22, 18:24 WIB Last Updated 2022-07-05T12:28:26Z
    Wargata.com, Sulbar - Kepolisian Daerah Sulawesi Barat menggelar upacara Hari Bhayangkara ke 76 secara virtual dengan mabes Polri yang berlangsung di Lapangan upacara Mapolda Sulbar, Selasa, (05/07/22).

    Upacara secara virtual dengan Irup Presiden RI Joko Widodo yang bertempat di Lapangan Bhayangkara Akademi Kepolisian ini juga dihadiri langsung oleh Kapolda Sulbar Irjen Pol Verdianto I. Bitticaca dan didampingi oleh Pj. Gubernur Sulbar Akmal malik, Danrem 142 Brigjen TNI Farouk Pakar, Ketua DPRD Sulbar Suraidah Suhardi, para Pejabat Pemprov, Pemkab, Tokoh agama, Tokoh adat dan tokoh Masyarakat di Lapangan Mapolda Sulbar.

    Pada amanatnya Presiden RI Joko Widodo menyampaikan ucapan terimaksih kepafa insan Bhayangkara 

    "Selamat Hari  Bhayangkara ke-76 dan saya memberikan penghargaan atas kerja keras Polri, saya dan rakyat Indonesia menaruh harapan besar kepada Polri" ucap Presiden RI Ir. H. Joko Widodo

    Setelah rangkaian upacara, dilanjutkan dengan acara syukuran Hari Bhayangkara disertai pemotongan tupeng oleh Kapolda Sulbar di halaman Mapolda Sulbar. 

    Dalam sambutan syukuran, Pimpinan tertinggi Polda Sulbar menjelaskan bahwa hari Bhayangkara yang kita peringati hari ini mempunyai sejarah yang panjang dan sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit lalu.

    Satuan kepolisian mulai di bentuk pada masa kerajaan Majapahit, saat itu patih Gajah Mada membentuk pasukan khusus pengamanan dengan sebutan Bhayangkara yang bertugas untuk melindungi Raja dan Kerajaan Majapahit, nama pasukan Bhayangakara pun disematkan kepada setiap Personil Polri.

    Setelah Soekarno-Hatta memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia, secara resmi Kepolisan menjadi Kepolisian Indonesia, pada Agustus 1945 dibentuk Badan Kepolisian Negara (BKN). 

    "Pada 29 September 1945, presiden Soekarno melantik RS. Soekanto Tjokrodiatmodjo menjadi Kepala Kepolisian Negara, selanjutnya pada 1 Juli 1946 resmi di tetapkan Oleh pemerintah sehingga 1 Juli ditetapkan sebagai hari Bhayangkara", Jelas Kapolda Sulbar.

    Lebih lanjut,  peringatan hari Bhayangkara yang ke-76 tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya karena kondisi covid-19 yang hampir melanda hampir seluruh Negara di dunia termasuk Indonesia namun Pemerintah memberi sedikit kelonggaran kepada masyarakat untuk beraktivitas mengingat angka kasus covid 19 sudah mulai menurun tetapi tetap menerapkan prokes.

    Sulbar merupakan provinsi ke-3 di Indonesia yang memiliki potensi sumber daya alam yang yang besar terutama di sektor perikanan, perkebunan dan pertanian serta kondisi geografis yang strategis karena menjadi pintu Gerbang segitiga emas yang Prov. Sulsel dan Sulteng dan Kaltim dengan tingkat masyarakat heterogen yang tinggi, Polda Sulbar siap melaksanakan Tugas kepolisian dengan sebaik-baiknya untuk menciptakan situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif.

    Hal ini sejalan dengan program kerja Kapolri “Presisi” dan tema yang di usung dalam hari Bhayangakara yang ke -76 tahun 2022, yakni "Polri Presisi mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh". 

    "Polda Sulbar akan tetap menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif dan bertekad untuk membantu serta mendukung pemerintah Provinsi dalam melaksanakan program pemerintahan untuk menghadapi tantangan dan permasalahan yang ada khususnya di prov. Sulbar", Tutup Irjen Pol Verdianto I. Bitticaca.

    (MW/RL/IN)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +