-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Kapolri dan Kadiv Humas

    Kapolri dan Kadiv Humas

    Ads Google Searc

    Kapolda Sulsel

    NTB

    Kapolres

    Hukrim

    Semangat Presisi, Terobosan Baru Kapolres Soppeng "Jum'at Curhat" Akan Rutin Dilaksanakan

    Alam - Admin 2
    04/11/22, 14:07 WIB Last Updated 2022-11-04T07:19:57Z
    Wargata.com, Sulsel - Dalam rangka menyerap Aspirasi masyarakat terkait pelayanan Kamtibmas, Polres Soppeng melaksanakan kegiatan "Jum'at Curhat" dengan Ngopi bareng bersama Awak Media yang dilaksanakan di warkop Ujung Teras Jalan Ujung, Kelurahan Lemba, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng, Jum'at, 04/11/2022.

    Kegiatan tersebut, rencananya akan rutin dilaksanakan dengan dihadiri dan diinisiasi oleh Kapolres Soppeng, AKBP Santiaji Kartasasmita, S.I.K., bersama PJU Polres Soppeng.

    Dihadapan para Awak Media, Kapolres Soppeng, AKBP Santiaji Kartasmita, S.I.K., mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan Program baru dengan sederhana dan rencananya akan diluncurkan guna menyerap aspirasi masyarakat khususnya di Kabupaten Soppeng melalui rumah pengaduan, Kata Kapolres Soppeng

    "Program Jum'at Curhat ini merupakan Program sederhana untuk menyerap aspirasi masyarakat yang baru saya akan coba jalankan di Kabupaten Soppeng melalui rumah pengaduan", Imbuhnya. 

    AKBP Santiaji Kartasasmita Menuturkan, tujuan Program ini guna menciptakan kemudahan bagi masyarakat dalam memberikan pengaduan sehingga masyarakat tidak perlu lagi ke Polres atau ke Polsek dan cukup di rumah pengaduan, Tuturnya. 

    "Program yang terjun langsung ke masyarakat ini merupakan langkah awal dan Program saya selaku Kapolres Soppeng untuk mencoba menjemput bola, mendatangi masyarakat untuk mendapatkan aspirasi maupun masukan terkait Informasi pengaduan serta permasalahan warga", Jelas AKBP Santiaji Kartasasmita. 

    Dijelaskan pula, bahwa itu semua tidak akan terwujud jika tidak didukung oleh seluruh lapisan masyarakat terutama para awak media sebagai garda terdepan dalam menyampaikan Informasi kepada masyarakat

    Melalui Program tersebut Kapolres berharap masyarakat dapat bantuan akan permasalahan yang dihadapi tanpa menyusahkan masyarakat sehingga dalam pengaduan masyarakat lebih mudah dan cepat tersampaikan

    "Intinya kami akan terus berupaya dan membuka diri dalam menerima masukan - masukan dan kritikan dari masyarakat", Ungkap AKBP Santiaji Kartasasmita. 

    Sementara itu, Dosen Unipol Soppeng Dr. Nurm Idrus, MN dalam kesempatannya menanggapi Program Jum'at Curhat yang diinisiasi Kapolres Soppeng.

    Menurutnya terobosan Polres Soppeng dengan menghadirkan program "Jum'at Curhat" adalah perwujudan nyata dari slogan dan visi Polri yang "Presisi". 

    Program ini adalah anugrah bagi warga Soppeng di tengah tingkat ketakpercayaan publik terhadap institusi ini. 

    "Jum'at Curhat" adalah implementasi nyata dari semangat Presisi yaitu prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan.

    Dengan "Jum'at Curhat" maka Polres Soppeng bisa lebih dini dan lebih mudah dalam mengetahui serta memprediksi persoalan utama warga Soppeng dalam bidang penegakan hukum. Itu karena jajaran Polres Soppeng lewat program ini langsung bertemu dengan warga dan mendengarkan keluhan utama mereka. 

    "Jum'at Curhat" adalah juga perwujudan nyata dari visi kedua Presisi yaitu Responsility. Program ini menggambarkan sikap respon yang lebih maju dari Polres Soppeng dalam menjemput persoalan warga. 

    Demikian pula dengan bahwa program ini menjawab langsung terhadap visi transparansi berkeadilan dimana semua maslaah warga di bidang penegakan hukum akan dibeberkan secara transparan dan tak ditutup-tutupi. 

    Tantangan terbesar dari Program ini ke depan adalah sustainable alias keberlanjutan program apakah bisa terus konsisten atau tidak, baik saat ini atau nanti ketika Kapolres berganti. Kita berharap, pihak Polres sudah menyiapkan road map program agar terobosan ini tak berhenti hanya beberapa saat. Kedua, program ini hanya akan dianggap berhasil jika kinerja ditransparansikan yaitu berupa sikap terbuka kepada publik pada setiap masalah atau curhat warga yang ditindaklanjuti. Apakah bisa diselesaikan atau hanya akan menjadi catatan-catatan kertas di atas meja", Tandas Dosen Unipol Soppeng Dr. Nurm Idrus.

    (MW/RL/HS)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +