-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Ads Google Searc

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Melintasi Jalan Extreme, Kapolres Pinrang Hadiri Peresmian Pencanangan Kampung Pancasila

    Alam - Admin 2
    19/03/23, 12:51 WIB Last Updated 2023-03-19T06:09:01Z
    Wargata.com, Sulsel - Kapolres Pinrang, AKBP Santiaji Kartasasmita, S.I.K., Hadiri Peresmian Pencanangan Kampung Pancasila pada Sabtu Kemarin, 18 Maret 2023, dimana salah satu kampung itu berada di daerah pegunungan Utara, Kabupaten Pinrang tepatnya Dusun Silu, Desa Sali-sali, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan menjadi lokasi pencanangan kampung Pancasila.

    Menuju ke Lokasi itu, rombongan Dandim 1404 Pinrang, Letkol Inf Aris Barunawan bersama rombongan Kapolres Pinrang, AKBP Santiaji Kartasasmita, S.I.K., serta rombongan H. Jusman CMS selaku ketua harian pengurus IOF Pinrang

    Dandim 1404 Pinrang Letkol Inf Aris Barunawan dalam amanahnya saat memimpin upacara peresmian pencanangan kampung Pancasila mengatakan, bahwa kampung Pancasila ini adalah merupakan seluruh Desa yang dijadikan implementasi dari nilai-nilai Pancasila dan sebagai contoh penerapan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

    Sebagai contoh dalam bersikap toleransi antar umat beragama serta dapat hidup damai meskipun terdapat perbedaan suku, agama dan antar golongan, Kata Dandim 1404 Pinrang. 

    Dikatakan pula, bahwa Pencanangan kampung Pancasila adalah merupakan pengembangan untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai dari Pancasila yang nantinya kampung pencanangan Pancasila ini dapat menciptakan suatu media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat serta menumbuhkan kerukunan masyarakat dalam bingkai pancasila, karena penduduk beragam dalam menganut agama dan menanamkan nilai- nilai Bhineka Tunggal Ika, Ucapnya. 

    Pada kesempatan itu, Dandim 1404 Pinrang juga mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Pinrang, AKBP Santiaji Kartasasmita, S.I.K., bersama rombongan pengurus IOF Pinrang khususnya kepada ketua harian H.Jusman CMS yang telah melibatkan Timnya untuk membantu kegiatan mobilisasi menggunakan kendaraan Offroad.
    Sementara Kapolres Pinrang, AKBP Santiaji Kartasasmita, S.I.K., menuturkan, bahwa perjalan ke lokasi pencanangan kampung Pancasila Desa Sali-sali, Kecamatan Lembang sungguh sangat luar biasa tantangannya, Dimana daerah yang dikenal dengan pegunungan, jurang, batu lepas, tanjakan tinggi dan juga daerah yang sering terjadi tanah longsor pada musim penghujan dapat ditaklukkan dengan kerja sama seluruh team, baik dari personel TNI-Polri maupun para pengurus IOF Pinrang.

    "Terima kasih kepada pengurus IOF Pinrang, semangat dan kekompakan dan juga kebersamaan betul betul terjalin saat dalam perjalan ke daerah pencanangan kampung Pancasila bersama Dandim 1404 Pinrang, Letkol Inf Aris Barunawan", Ucap Kapolres Pinrang

    Selain itu Kata Kapolres Pinrang, bahwa perjalan ke lokasi pencanangan kampung Pancasila adalah merupakan program dari bapak Dandim 1404 Pinrang untuk di laksanakan dengan tujuan menjalin kerjasama, memupuk rasa kekeluargaan kepada warga sebagai wujud dan kepedulian di wilayah binaan Kodim 1404/Pinrang.

    Sala satu Kampung di Desa Sali-sali yaitu, Kampung Karomba di beri nama kampung Pancasila karena kampung tersebut sangat strategis, dimana masyarakat yang berada di kampung ini menganut berbagai macam agama seperti agama Islam, Katolik, Protestan, Alukta dan masyarakat ini selalu mengutamakan jalinan kerukunan antar umat beragama yang baik, Ungkap AKBP Santiaji.

    Sedangkan Ketua harian IOF Pinrang, H. Jusman CMS yang memimpin rombongan pengurus IOF selama dalam perjalanan ke lokasi pencanangan kampung Pancasila mengatakan, "kami dari pengurus IOF Pinrang sangat berterima kasih kepada Dandim 1404 Pinrang Letkol Inf Aris Barunawan bersama Kapolres Pinrang AKBP Santiaji Kartasasmita, S.I.K., dimana telah mempercayakan para pengurus IOF Pinrang untuk ikut dalam pengawalan menuju lokasi pencanangan kampung Pancasila yang diketahui jalan menuju lokasi tersebut sangat extreme", Ucapnya

    "Saya bersama pengurus yang terdiri dari koordinator bidang bencana alam, kordinator bidang olah raga mobil dan koordinator bidang pariwisata serta humas untuk melakukan persiapan yang matang sebelum berangkat kelokasi", Imbuhnya.

    Dikatakan H. Jusman, bahwa saat ini cuaca di Kabupaten Pinrang sering terjadi hujan dan khususnya di wilayah pegunungan Kecamatan Lembang sering juga terjadi tanah longsor, olehnya itu disampaikan kepada rekan-rekan pengurus IOF Pinrang untuk menyiapkan kendaraan Offroad 4X4 khusus Extreme yang akan naik ke lokasi tersebut, karena ditakutkan jika nantinya di perjalanan ada kendaraan yang mengalami masalah, dengan demikian jika menggunakan kendaraan khusus jalur Extreme, semua bisa teratasi, Ujarnya. 

    "Alhamdulillah berkat doa serta kerjasama, kekompakan, kebersamaan dan tanggung jawab kita bersama dalam team IOF Pinrang semua bisa berjalan lancar sampai ke tujuan, Rekan-rekan pengurus IOF Pinrang bisa menikmati perjalanan seolah sedang dalam event lomba jalur Extreme yang selalu memacu adrenalin",  Tandas H. Jusman

    (MW/RL/HS)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +