-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Banner Ucapan

    Ads Google Searc

    Ucapan Idul Fitri

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Kapolres Sidrap Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila

    Alam - Admin 2
    01/10/23, 20:23 WIB Last Updated 2023-10-01T13:37:42Z
    Wargata.com, Sulsel - Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah, S.IK., menghadiri upacara Kesaktian Pancasila yang dipimpin Dandim 1420 Sidrap Letkol Inf Andika Prihantoro, S.E., M.I.Pol di Lapangan SKPD Kabupaten Sidrap, Minggu, (1/10/2023).

    Sementara di Mapolres Sidrap, Upacara Kesaktian pancasila dipimpin oleh Waka Polres Sidrap, KOMPOL M. Akib di Lapangan Apel Mapolres Sidrap dengan dihadiri oleh pejabat utama, para Kasat, Kapolsek, Kasubbag, Kasi, dan Perwira Staf.

    Upacara tersebut diawali dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur upacara kemudian di lanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, pembacaan naskah UUD 1945, dan pembacaan naskah ikrar.

    Adapun tema upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 ini adalah Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju.

    Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah, S.IK., mengatakan, bahwa Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober untuk memperingati pentingnya Pancasila sebagai dasar negara bangsa Indonesia dan Peringatan ini tidak lepas dari peristiwa bersejarah G30S PKI.

    “Hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam aksi G30S PKI pada 30 September 1965 oleh PKI. Korban G30S PKI tersebut terdiri dari 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD”, Kata Kapolres Sidrap. 

    Dikatanya, bahwa dibalik kesaktian Pancasila memiliki makna penting, yang mana Pancasila adalah dasar Negara yang tidak boleh diubah oleh siapapun. Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober diperingati karena ideologi Pancasila kembali dikuatkan oleh pemerintah pasca peristiwa G30S/PKI.

    “Upacara ini dapat dijadikan momentum untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme, Dengan upacara ini, kita maknai lagi nilai-nilai utama dalam butir-butir pancasila sebagai semangat untuk membangun bangsa”, Tandas Kapolres Sidrap.

    (MW/RL/HS)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +