-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Maulid Nabi Muhammad SAW

    Hut TNI

    Ads Google Searc

    Kapolres Wajo

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Polres Enrekang Peringati Isra Mi'Raj Nabi Muhammad SAW 27 Rajab 1442 H

    Cyber Media
    18/03/21, 13:28 WIB Last Updated 2021-10-21T11:16:23Z
    Wargata.com, Sulsel - Polres Enrekang peringati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 27 Rajab 1442 H bertempat di Masjid Nurul Amanah Polres Enrekang.

    Peringatan Isra Mi'raj tersebut diikuti Kapolres Enrekang AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H., bersama PJU Polres Enrekang dan personil Polres Enrekang

    Beberapa rangkaian kegiatan peringatan Isra M'raj yakni pembacaan lantunan ayat suci Al-quran Bripka Sukmawati dan pengisi ceramah Aiptu Muh. Sapar, Kamis (18/03/2021).   

    Diketahui peringatan Isra Miraj 1442 H atau Isra Mi'raj 2021 diperingati umat muslim dunia hanya setahun sekali. Maka dari itu, perlunya umat muslim untuk mengetahui mengenai sejarah singkat Isra Mi'raj Nabi bersar Muhammad SAW.

    Sebenarnya Isra dan Mi'raj merupakan dua peristiwa berbeda. Namun karena dua peristiwa ini terjadi pada waktu yang bersamaan maka disebutlah Isra Miraj.

    Kapolres Enrekang menyampaikan "Isra merupakan kisah perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsha di Yerussalem. Sedangkan Miraj merupakan kisah perjalanan Nabi dari bumi naik ke langit ketujuh dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha (akhir penggapaian) untuk menerima perintah Allah SWT menjalankan salat lima waktu dalam sehari semalam."

    Meski terdapat beberapa hadits dan pendapat yang menjelaskan waktu terjadinya Isra Miraj, tapi dari ayat di Al-quran cukup jelas, bahwa peristiwa tersebut terjadi di malam hari. Berikut arti dari surat Al-Isra ayat pertama:

    "Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkati sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (Kebesaran) Kami. Sungguh Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."
    Salah satu tujuan dari memperingati Isra' Miraj ialah memuliakan Rasulullah dan keajaiban-kejaiban yang diperlihatkan Allah kepada umat Muslim seperti tertera dalam Q.S Al- Isra' :I.

    AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.IK., M.H., menambahkan "Ketika memperingati Isra' Mi'raj, Anda bisa memperoleh arti penting dari perjalanan Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah kemudian dari bumi naik ke langit ketujuh dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha. Nilai-nilai seperti keteguhan hati, jiwa yang kokoh, dan keyakinan terhadap Allah SWT bisa Anda serap dengan baik seperti Nabi Muhammad ketika menjalankan perintah Allah."

    Kapolres Enrekang berharap Memperingati hari Isra' Mi'raj ini merupakan sebuah upaya memberikan satu hari spesial untuk berterimakasih kepada Allah SWT yang telah menurunkan Wahyu kepada Nabi Muhammad, yang mana wahyu tersebut kemudian diteruskan kepada umatnya. Wahyu itu adalah shalat lima waktu dan manfaat-manfaat yang diperoleh dari menjalankan shalat lima waktu.

    (TW/HS)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +