-->
  • Jelajahi

    Copyright © Wargata.com
    Info Berada di Sekitar Warga

    Ads Google Searc

    Hukrim

    Banner IDwebhost

    Jelang Pemilu, Petugas Polres Enrekang Bersama Warga Cek Pos Satkamling

    Alam - Admin 2
    19/12/23, 08:35 WIB Last Updated 2023-12-19T01:36:51Z
    Wargata.com, Sulsel - Bhabinkamtibmas Polsek Cendana, Polres Enrekang melaksanakan kegiatan Sambang Kamtibmas dan sosialisasi pengenalan satkamling, Senin, (18/12/23).

    Sebagaimana pada perpol. No. 4 Tahun 2020 tentang pamswakarsa, kini pos kamling berubah menjadi satkamling atau satuan keamanan lingkungan.

    Satuan Keamanan Lingkungan yang selanjutnya disebut Satkamling adalah Satuan Masyarakat yang pengemban fungsi Kepolisian yang dibentuk oleh warga masyarakat atas kemauan, kesadaran, dan kepentingan untuk mengamankan lingkunganya. Bahwa dalam satu kelurahan atau RT terdapat perwakilan pos satkamling.

    Dijelaskan,nya kepada Warga, bahwa Satkamling dilaksanakan karena dari analisa jumlah polisi dibanding jumlah masyarakat tidak sebanding, maka Polri berinovasi mengajak masyarakat menjadi polisi pada diri sendiri untuk menciptakan keamanan. Satkamling akan memberikan manfaat bagi Masyrakat dalam mengurangi tindakan kriminal.

    “Berdayakan kembali kegiatan satkamling ini karena dari jumlah polisi dibanding jumlah masyarakat tidak sebanding maka memanfaatkan pos kamling yang ada menjadi polisi pada diri sendiri untuk menciptakan keamanan, Pos kamling akan memberikan manfaat bagi masyrakat dalam mengurangi tindakan kriminal”, ujar AIPTU Haris.

    Sementara itu, Kasat Binmas Polres Enrekang, AKP Drs. Lasinrang, S.H., menuturkan, Kepolisian memberikan dukungan penuh kepada satkamling berupa memberikan edukasi kepada petugas satkamling untuk menjaga lingkungannya, memberi jam dinding, borgol, tongkat serta cara menggunakannnya.

    Satkamling dikepalai oleh RT atau RW, di bawahnya ada ronda beserta shift-shiftnya tergantung jumlah yang ada di masyarakat.

    “Sekarang lagi mendata pos kamling yang aktif, belum aktif, permanent dan sementara, di bulan ini kami sudah punya datanya, Kami juga ada pelatihan pembinaan kemampuan, bagaimana menanggapi permasalahan yang ada seperti kasus pencurian warga yang tertangkap, Semua permasalahan tidak harus ditangani polisi, masalah dilingkungan bisa diselesaikan dengan musyawarah, Pidana adalah jurus terakhir, dari dini bisa dicegah”, ujar Kasat Binmas.

    Ia berharap Satkamling bisa menjaga lingkungan dan wilayah masing-masing serta menjadi Polisi bagi diri sendiri dalam memberi pengayoman, perlindungan, keamanan di wilayahnya. “Mari bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, melaksanakan kegiatan dan setiap permasalahan bisa diselesaikan dengan musyawarah untuk mencegah permasalahan dari dini”, Tandas,nya.

    (HS/RL/AM)
    Komentar

    Tampilkan

    Timwar

    +